Mentalitas bermain, attitute dan kemampuan mereka sangat bagus. Tidak kenal menyerah. Mereka memang pantas memperkuat timnas,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemain tim futsal Jaya Kencana Angels, Tangerang Selatan, Banten, setelah menjuarai AFF Futsal Club Championship 2016 di Myanmar akhir pekan lalu dipastikan akan menjadi kerangka Timnas Indonesia untuk menghadapi beberapa kejuaraan internasional.

Sekjen Federasi Futsal Indonesia (FFI) Edy Prasetyo di Jakarta, Senin, mengatakan ada dua kejuaraan internasional yang bakal dihadapi Timnas Indonesia yaitu kualifikasi AFC Women Futsal Championship 2017 serta SEA Games 2017 di Malaysia.

"Mentalitas bermain, attitute dan kemampuan mereka sangat bagus. Tidak kenal menyerah. Mereka memang pantas memperkuat timnas," katanya di sela penjemputan tim di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Tim Jaya Kencana Angels yang sebelumnya tidak ditargetkan menjadi juara membuat kejutan dengan mampu menjadi yang terbaik. Bahkan di partai puncak mampu mengalahkan tim kuat yaitu Thailand melalui adu pinalti setelah sebelumnya sama kuat 2-2.

Kemenangan tim asal Tangerang Selatan itu terbilang istimewa karena menjadi tim pertama asal Indonesia yang mampu bersinar di Asia Tenggara. Jadi tidak salah jika tim yang asuh oleh Andri Picessa memang layak menjadi kerangka tim nasional.

"Tugas pelatih untuk menentukan siapa saja yang memperkuat timnas. Selain dari tim ini, ada beberapa pemain dari tim lain yang akan masuk. Yang jelas gambaran untuk timnas udah terlihat," katanya menambahkan.

Rencana tim Jaya Kencana menjadi kerangka timnas disambut dengan antusias oleh sang kapten Anggi Puspitanovi. Menurut dia, hasil yang diraih pada kejuaraan AFF ini merupakan buah kerja keras seluruh tim. Pihaknya juga sangat bangga dengan prestasi yang diraih.

"Terima kasih atas doanya selama ini. Harapan kami kedepannya bisa lebih baik lagi termasuk jika kami dipercaya memperkuat timnas," katanya saat dikonfirmasi.

Hal yang sama dikatakan sang pelatih Andri Picessa. Menurut dia, tim futsal putri mempunyai peluang besar untuk berprestasi lebih tinggi meski lawan kuat seperti Thailand, Vietnam dan Australia bakal menjadi batu sandungan. Namun, dengan kemampuan anak asuhnya pihaknya optimistis prestasi mampu diraih.

 "Seandainya tim ini dipertahankan, saya optimistis kita bisa bicara banyak di SEA Games 2017 nanti. Mereka memang pantas masuk timnas," katanya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta saat menjemput tim Jaya Kencana Angels mengaku bangga dengan prestasi yang diraih. Hasil pada AFF Futsal Championship diharapkan mampu memacu semangat untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016