Kendari (ANTARA News) - Badan Search And Rescue Nasional Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) siaga membantu warga korban banjir di Kabupaten Konawe Utara.

Kepala kantor SAR Kendari Amiruddin di Kendari, Selasa, mengatakan Basarnas menyiapkan peralatan penyelamatan dan personil sesuai yang dibutuhkan atau kondisi lapangan.

"Sejak musibah banjir yang merendam 17 desa dan 700 rumah warga maka Basarnas bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Kepolisian dan TNI siaga membantu warga," kata Amiruddin.

Basarnas, kata dia, siap mengerahkan kapal jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk penyelamatan atau mengevakuasi warga yang terancam banjir.

"Sarana yang diturunkan di lokasi banjir Konawe Utara, antara lain, mobil serbaguna untuk dapur umum, perahu karet, dan gergaji rantai," katanya.

Basarnas tidak hanya berkosentrasi memantau perkembangan musibah banjir Kabupaten Konawe Utara tetapi wilayah Kabupaten Konawe yang rawan musibah banjir.

Sekretaris BPBD Sultra, Yauri mengatakan pemerintah telah mendistribusikan bantuan bagi korban banjir Konawe Utara.

"Bantuan berupa perlengakapan sarung, selimut dan makanan siap saji sudah diturunkan. BPBD Kabupaten Utara terus mengevaluasi kebutuhan korban banjir setempat," kata Yauri.

Pewarta: Sarjono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016