Jakarta (ANTARA News) - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menilai kualitas film Indonesia semakin bagus sehingga ia mengajak masyarakat untuk mengapresiasinya.

"Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada insan perfilman Indonesia atas semakin banyaknya karya-karya yang berkualitas," kata Sandiaga di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, industri film nasional sebagai bagian dari ekonomi kreatif akan berkembang lebih baik dengan dukungan dari masyarakat.

"Saya perhatikan tingkat apresiasi masyarakat terhadap film Indonesia semakin baik, namun tentu saja hal tersebut masih bisa ditingkatkan lagi. Mari kita dukung film yang berkualitas agar kita semakin bangga dengan film Indonesia," kata dia.

Sepanjang tahun 2016 ini ada beberapa film Indonesia yang laris ditonton masyarakat, di antaranya "Ada Apa Dengan Cinta 2" yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra.

AADC 2 menjadi film Indonesia terlaris hingga minggu kedua Juli 2016 ini. Mengutip dari filmindonesia.or.id yang mengumpulkan data dari bioskop, produser film, PPFI dan lainnya, jumlah penonton AADC2 mencapai 3.665.509 orang.

Film terlaris yang berada di urutan ke dua adalah "My Stupid Boss" garapan Upi Avianto.

Film berlatar belakang negeri jiran itu berhasil meraih 3.049.437 penonton, mengalahkan "Comic 8: Casino Kings Part2" yang berada di posisi ketiga dengan jumlah 1.835.644 penonton dan "Rudy Habibie" dengan 1.233.774 penonton.

Namun, AADC2 belum dapat mengalahkan jumlah penonton film "Laskar Pelangi" (2008) yang berhasil menjadi film terlaris dari periode 2007-2016, dengan jumlah penonton 4.631.841 penonton.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016