Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan modal ventura berbasis di Silicon Valley, Amerika Serikat, Fenox Venture Capital (Fenox FC) menyelenggarakan Startup World Cup, dan Indonesia menjadi negara pertama babak penyisihan regional dari rangkaian acara ajang tersebut.

"Ini waktunya untuk membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki startup terbaik. Ini kesempatan bagi startup untuk menjadi unicorn," kata Anis Uzzaman, Chairman of Startup World Cup, sekaligus CEO and General Partner Fenox Venture Capital, di Jakarta, Jumat.

"Kami akan mengundang Apple, Google, Facebook, IBM, ini adalah kesempatan terbesar untuk berpartner dengan mereka," sambung dia.

Startup World Cup 2017 (SWC) merupakan konferensi dan kompetisi global yang akan diselenggarakan di Indonesia, Jepang, China, Israel, Australia, Republik Ceko, India, Chili, Inggris, Afrika Selatan, Taiwan dan Amerika Serikat (Texas, Boston dan Silicon Valley).

Pemenang regional akan berkompetisi di babak final yang akan berlangsung di Silicon Valley, Amerika Serikat pada 24 Maret 2017 dan mendapat kesempatan memenangkan 1.000.000 dolar AS atau sekitar Rp 14 miliar dalam bentuk investasi dan hadiah lainnya.

Startup World Cup Indonesia merupakan realisasi dari bentuk kerjasama antara Fenox VC dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Kerjasama ini berperan sebagai katalis bagi ekosistem bisnis wirausaha di Indonesia, dan diharapkan mampu meningkatkan angka pengusaha startup yang sedang berkembang untuk dapat sukses di skala regional dan global melalui SWC.

"Dengan bekerja sama akan lebih mengenalkan startup lebih luas lagi kepada masyrakat Indonesia," kata Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam kesempatan tersebut.

"Bagi para startup, program ini menjadi event sekaligus platform untuk mempertemukan mereka dengan investor sehingga menjadi tumbuh dan unggul di pentas global," lanjut dia.

Periode pendaftaran dimulai dari 21 Juni 2016 silam melalui website resmi SWC 2017. Lebih dari 750 pendaftar, baik di Indonesia maupun negara Asia Tenggara lainnya, diharapkan turut serta mendaftarkan diri mereka sebelum 10 Agustus 2016.

Startup yang telah mendaftar di Startup World Cup 2017 di Indonesia akan ada babak pitching yang akan dilaksanakan pada 23 Agustus 2016. Sebanyak 10 tim dari setiap area akan mempresentasikan ide-ide inovatif mereka dihadapan para juri.

Dari sekian banyak pendaftar, 10 peserta regional terbaik akan diundang untuk mempresentasikan ide-ide mereka dihadapan para juri internasional terkenal, termasuk investor papan atas dan CEO perusahaan-perusahaan teknologi.

Pemenang regional akan memperoleh perjalanan gratis ke Silicon Valley, Amerika Serikat, untuk mengikuti babak final yang akan dilangsungkan di kota tersebut.

Para pemenang tersebut akan mewakili startup dan negaranya di konferensi global Startup World Cup selama seminggu yang kegiatannya terdiri dari boot camp, startup battlefield, konferensi internasional dan forum investor.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016