Singaraja (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali, meraih penghargaan nasional bidang lingkungan hidup karena berhasil melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan di daerah itu.

"Ketiga penghargaan tersebut yakni Penghargaan Anugerah Adipura Buana, Kalpataru kategori Pengabdi lingkungan hidup yang diterima oleh Neneng Anengsih dan yang paling bergengsi adalah penghargaan Nirwasita Tantra Award 2016 tingkat kabupaten," kata Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Jumat.

Ia mengatakan, Buleleng keluar sebagai juara pertama dan mengalahkan ratusan kabupaten dari seluruh Indonesia untuk penghargaan Nirwasita Tantra Award 2016 tersebut.

Agus memaparkan, Nirwasita Tantra Award merupakan penghargaan bagi Kepala Daerah yang mengeluarkan kebijakan Pemerintah berwawasan lingkungan dan meningkatkan lingkungan hidup.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dalam rangka pelaksanaan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Nasional tahun 2016.

Menurutnya penghargaan itu juga sebagai keberhasilan masyarakat Buleleng yang sudah ikut membantu semua program konservasi yang dikeluarkan Pemkab Buleleng. Ia menegaskan Pemkab Buleleng selalu konsen terhadap pelestarian lingkungan.

"Saya sangat berterimakasih kepada masyarakat Buleleng yang telah membantu program pemerintah dalam melestarikan lingkungan. Tentunya penghargaan ini sangat penting untuk melihat seberapa berhasil Pemerintah Daerah dalam mengelola lingkungannya ini," katanya.

Agus yang juga Ketua DPC PDIP itu menambahkan penanganan masalah sampah sudah terbukti dengan diterimanya penghargaan ini. Ia pun berharap, masyarakat Buleleng bisa terus mendukung program Pemerintah Daerah.

"Kita tidak boleh hanya berhenti di sini, kita harus terus meningkatkan prestasi untuk Buleleng yang kita cintai ini. Untuk masyarakat Buleleng saya berharap selalu bisa mendukung program Pemerintah untuk membangun Buleleng bersama-sama," harapnya.

Pewarta: IMB Andi Purnomo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016