Mamuju (ANTARA News) - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal meresmikan sejumlah proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

"Jadwal kedatangan Presiden ke Sulbar memang belum ada. Tetapi, hasil komunikasi kami telah terjadwalkan akan ke daerah kita pada rangkaian momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Sulbar ke 12 pada September 2016," kata gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Jumat.

Menurutnya, beberapa pembangunan infrastruktur yang akan diresmikan pak Presiden ini diantaranya proyek pembangunan gedung perkantoran pemprov Sulbar, gedung instansi fertikal seperti gedung DPRD, BPKP, BPK dan isntansi lainnya.

Termasuk meresmikan pengoperasian bandara udara Tampapadang, Bandara Udara perintis Sumarorong di Mamasa dan termasuk menghadiri panen raya komoditi padi di kabupaten Polewali Mandar.

"Kelak bapak Presiden Jokowi akan bermalam di rumah jabatan gubernur bersama rombongan dan sebagian akan menginap di hotel," kata dia.

Selain itu Jokowi juga akan meresmikan lima pelabuhan laut yakni pelabuhan Belang-Belang Mamuju, pelabuhan laut Pasangkayu Mamuju Utara, pelabuhan laut di Budong-Budong Mamuju Tengah dan pelabuhan laut Tanjung Selopo di Polman.

"Lima pelabuhan ini pembangunannya menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) dengan nilai milyaran rupiah. Tinggal saya belum mendapat bagaimana kondisi pembangunan Tanjung Selopo di Polman. Saya harap, sudah tuntas sebelum kunjungan resmi pak Jokowi," papar Anwar.

Termasuk meresmikan pembangunan infrastruktur jalan yang menghubungkan daerah Polewali ke Mamasa dan sejumlah pembangunan jembatan yang ada di Sulbar.

"Pembangunan jembatan Bolong cukup spektakuler karena dulu kondisinya angker dan kini menjadi ikon wisata. Termasuk presiden akan meninjau pembangunan jalan arteri yang akan menjadi lokasi pelaksanaan pameran pembangunan," terangnya.

Pewarta: Aco Ahmad
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016