counter

India cari pesawat militer yang hilang secara besar-besaran

New Delhi (ANTARA News) - Militer India telah melancarkan operasi pencarian besar-besaran untuk menemukan pesawatnya yang hilang di Teluk Benggala, kata beberapa pejabat.

Pesawat Angkatan Udara India, AN-32, dengan 29 penumpang, lepas-landas dari Kota Chennai di Negara Bagian Tamil Nadu di India Selatan pada pukul 08.30 waktu setempat pada Jumat (22/7).

Pesawat tersebut terbang ke Kepulauan Andaman dan Nicobar dan dijadwalkan tiba di Port Blair setelah tiga jam, yaitu pada pukul 11.30 waktu setempat pada Jumat.

"Berbagai upaya untuk mencari Pesawat AN-32 milik Angkatan Udara India dan personal di dalamnya," kata Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar.

Beberapa pejabat Kementerian Pertahanan mengatakan Pesawat AN-32 itu dalam misi penerbangan rutin dari Stasiun Angkatan Udara Tambaram ke Port Blair, ketika hilang sekitar 300 kilometer di sebelah timur Chennai.

"Komando Angkatan Laut Timur (ENC) mengerahkan dua Pesawat Patroli Maritim Jarak Jauh P8i yang dilengkapi radar dan sensor canggih Electro-optik, dua Pesawat Dornier dan 12 kapal dengan helikopter integral untuk bergabung dalam operasi pencarian yang digagas untuk menemukan Pesawat Angkut AN-32 Angkatan Udara," kata satu pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan.

Beberapa laporan mengatakan Angkatan Udara India telah mengoperasikan satu Pesawat C130 serta dua Pesawat AN32 untuk melakukan pencarian di atas laut, kata Xinhua, Sabtu.

"Empat kapal ENC yang dikerahkan di Teluk Benggala dengan misi berbeda telah dialihkan ke daerah pencarian dan delapan kapal Armada Timur yang dalam pelayaran pulang dari Laut Tiongkok Selatan juga bergerak dengan kecepatan penuh untuk bergabung dalam operasi pencarian," kata pernyataan itu.

Para pejabat juga telah mengalihkan satu kapal selam ke daerah tersebut untuk mencai transmisi dari suar lokator darurat di dalam pesawat itu.

Menurut lembaga penyiaran resmi India, All India Radio (AIR), di antara 29 orang di dalam pesawat tersebut, 11 adalah personel Angkatan Udara, dua dari Angkatan Darat, sembilan dari Angkatan Laut, satu dari Penjaga Pantai dan enam anggota awak.

Menurut laporan media setempat, ada lebih dari 100 Pesawat AN-32 buatan Rusia yang dioperasikan oleh Angkatan Udara India.

(Uu.C003)

(T.C003/A/C003/C003) 23-07-2016 10:47:28

Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar