Palu (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menegaskan bahwa profesi politisi harus dilaksanakan dengan baik karena profesi tersebut tidak kalah hebatnya dengan profesi lainnya.

"Profesi politisi tidak kalah dengan profesi dosen, dokter dan lainnya. Bahkan terkadang politisi dalam setiap kebijakannya menghasilkan dampak besar khususnya bagi kemaslahatan dan kesejahteran masyarakat banyak," kata Zulkifli Hasan dalam sambutan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Tengah dan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di 13 kabupaten dan Kota, disalah satu hotel Kota Palu, Minggu.

Zulkifli berharap seluruh kader partai yang memilih profesi politisi harus bekerja dengan sebenar-benarnya tugas seorang politisi. Politisi bukanlah birokrat atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Jangan melakoni profesi sebagai politisi, tapi perilakunya seperti PNS, itu sangat keliru. Misalnya politisi tidak aktif kalau ketua umumnya tidak datang. Nah itu perilaku PNS," ujarnya.

Zulkifli Hasan yang juga Ketua MPR itu menegaskan bahwa kerja-kerja politisi tidak memiliki batas waktu. Kerja politisi setiap waktu harus dilaksanakan sesuai dengan tugas pokoknya, untuk menyerap aspirasi masyarakat dengan silaturahmi.

"Pekerjaan politisi itu harus dilakoni setiap hari, untuk membuat dirinya dikenal orang banyak," tambanya.

Ia mengingatkan kader yang telah melakukan kerja politisi, kemudian melapor untuk meminta sebagai pejabat gubernur, bupati atau wali kota. Lebih parah lagi, ketika permintaan tidak diindahkan, lalu melakukan tindak perlawanan atau pengancaman.

"Kalau sampai terjadi maka hal itu sangat salah," ujarnya.

Ia juga berharap kader partai tidak perlu rendah diri, ketika nantinya diberikan kesempatan sebagai pemimpin namun dengan keterbatasan keuangan.

"Pak Jokowi jadi Presiden bukan konglomerat," imbuhnya.

Zulkifli juga menjelaskan asal-muasal pendirian PAN yang lahir dari era reformasi, melalui Amin Rais dan kawan-kawan dengan cita-cita ingin meraih satu tujuan untuk mewujudkan rasa keadilan dan kesehateraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"PAN itu bertujuan untuk memperbaiki yang belum baik dan meneruskan yang sudah baik," tutup Zulkifli.

Zulkifli Hasan hadir di Palu dalam rangkaian pelantikan DPW PAN Sulteng yang diketuai oleh H. Oskar R Paudi.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016