Tangerang (ANTARA News) - Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda Ciledug, Tangerang, akan memberikan layanan konsultasi dokter gratis pada Agustus sambil menunggu jadwal vaksinasi ulang.

"Sambil menunggu jadwal vaksin ulang oleh Satgas Vaksin Kementerian Kesehatan, kami akan memberikan konsultasi dokter gratis sejak awal Agustus," kata perwakilan RSIA Mutiara Bunda Taufik Nugraha dihubungi ANTARA News di Tangerang, Senin.

Menurut Taufik, seluruh pasien yang sudah mendaftarkan diri pada Posko Vaksinasi Ulang RSIA Mutiara Bunda akan mendapatkan layanan konsultasi kesehatan tersebut.

Taufik menjelaskan, pihak rumah sakit akan menghubungi satu per satu orang tua pasien yang sudah mendaftarkan diri untuk menginformasikan jadwal konsultasi kesehatan tersebut.

"Kami akan lakukan bertahap, agar teratur. Kami akan menentukan jadwalnya. Mudah-mudahan setelah itu sudah ada jadwal yang jelas tentang vaksinasi ulang," ujar Taufik.

Taufik memperkirakan, vaksinasi ulang akan dilakukan di bulan yang sama, yakni Agustus, di Posko Satgas Puskesmas Ciledug, Tangerang.

Diketahui, Posko Pengaduan RS Mutiara Bunda akan dibuka hingga Jumat (29/7) untuk mendata pasien yang akan divaksinasi ulang.

Sebelumnya, Balai POM menemukan adanya penggunaan vaksin palsu di RSIA Mutiara Bunda untuk imunisasi diferi, pertusis dan tetanus (DPT) yang berfungsi untuk melawan kuman atau bibit penyakit di dalam tubuh. Pihak RSIA Mutiara Bunda mengklaim jika vaksin palsu tersebut dibeli dari perorangan pada tanggal 23 Juni 2016 karena ketersediaan di agen resmi sedang kosong.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016