counter

Timor Leste luncurkan kantor berita ANTL

Timor Leste luncurkan kantor berita ANTL

Wakil Menteri Komunikasi Sosial Timor Leste, Nelio Isaac Sarmento, didampingi tokoh pers RI Atmakusumah Astraatmadja menunjuk foto sejumlah alumni Lembaga Pers DR Soetomo (LPDS) dari Timor Timur pada 1995 yang kini menduduki jabatan penting di negerinya. (ANTARA/P003)

Dili (ANTARA News) - Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) akan meresmikan kantor berita Agencia Noticiaso de Timor Leste (ANTL) dalam upacara kenegaraan di Dili, Rabu (27/7).

Menteri Muda Komunikasi Sosial Timor Leste, Nelio Isaac Sarmento, berharap ke masa depan dapat berkembang menjadi sumber berita dan sumber informasi yang kredibel bagi masyarakat pengguna informasi nasional maupun internasional.

Ia mengemukakan munculnya kantor berita yang disebut ANTIL ini membawa inspirasi bagi eksisnya profesi wartawan modern yang memiliki standar kompetensi jurnalistik yang bisa menjadikan wartawan lebih professional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya ANTIL merupakan kantor berita yang menyebut diri sebagai sumber berita dan sumber informasi resmi pertama milik Negara Timor Leste.

Kantor berita itu didirikan sesuai dengan Surat Keputusan Sidang Dewan Menteri Kabinet Pemerintah RDTL tanggal 2 Februari 2016 yang tertuang dalam akta No 9/2016 Lembaran Berita Negara tertanggal 16 Maret 2016.

Visi ANTIL adalah "Menjadi trend-setter sumber berita dan informasi nasional yang kredibel dan berkualitas yang dibutuhkan oleh masyarakat pengguna informasi". Produk konten berita dan informasi ANTIL yang berkarakter multimedia, yaitu text, foto dan video akan dimunculkan dalam tiga bahasa resmi RDTL, Inggris, Portugis dan Tetun. Karakter multimedia, multitasking, multiplatform dan multichanel menuntut ANTIL sebagai kantor berita untuk tampil melalui web portal konvergensi dilengkapi konten streaming radio dan TV, dan juga tampil dalam format Kantor Berita Mobile-Smartphone.

Masyarakat pengguna informasi dapat mengakses ANTIL melalui situs www.antil.tl dengan menggunakan web portal maupu mobile web beraplikasi iOS dan Android.

ANTIL juga memberi pelayanan informasi sesuai kebutuhan dan permintaan pengguna informasi, seperti produk pesanan pelanggan khusus (taylor-made information), analisa khusus (special analysis) dan informasi berlatarbelakang serta berkedalaman.

Saat ini ANTIL didukung 14 Jaringan Informasi dan Berita di semua munisipio-distrik Timor Leste yang secara terprogram memproduksi berita-berita nasional di seluruh Negara Timor Leste. Sementara ini, ANTIL ini didukung 25 orang staf redaksi-wartawan.

Nelio Isaac Sarmento juga berharap Kantor Berita ANTIL bisa berkembang dengan manajemen yang baik menjadi suatu Kantor Berita modern yang menjadi "profit center" dan mampu memberikan konstribusi financial untuk menbiayai eksistensi dan operasional sendiri serta tidak tergantung pada anggaran negara.

Sejumlah wartawan ANTIL pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan di Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) Jakarta dan studi kerja di LKBN Antara dan Tempo Group, serta kantor berita Portugal (LUSA).

Pewarta: Priyambodo RH
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar