Jakarta (ANTARA News) - Rombongan besar kontingen Indonesia, yang akan berlaga di kejuaraan multi event paling bergengsi di dunia yaitu Olimpiade 2016, bertolak menuju Brazil melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu.

Sebelum ke bandara, meraka dilepas di Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Gedung FX Senayan, Jakarta. Rombongan kontingen yang dipimpin oleh Chef de Mission (CdM) Raja Sapta Oktohari, dilepas oleh Wakil Ketua KOI Muddai Madang dan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Gatot S Dewa Broto.

Atlet yang masuk rombongan besar yang bertolak menuju Negeri Samba ini berasal dari cabang bulu tangkis, panahan dan atletik dengan total atlet 16 orang. Namun, yang dilepas di KOI hanya atlet panahan dan atletik. Untuk atlet cabang yang lain yaitu angkat besi, rowing dan BMX sudah berangkat terlebih dahulu karena harus menjalani pemusatan latihan.

Cabang olahraga angkat besi yang berkekuatan tujuh atlet saat ini menjelani pemusatan latihan di Cape Town, Afrika Selatan. Untuk rowing menjalani pemusatan latihan di Belanda dan BMX berada di Amerika Serikat.

Untuk renang akan berangkat ke Brazil tanggal 3 Agustus," kata CdM Raja Sapta Oktohari disela pelepasan rombongan besar kontingan Indonesia ke kejuaraan empat tahunan tersebut.

Meski masuk dalam rombongan besar, atlet bulu tangkis tetap tidak bisa berangkat bersama dengan rombongan karena harus menuju Sao Paulo untuk menjalani pemusatan latihan sebelum menjalani pertandingan resmi di Rio de Janeiro.

Cabang olahraga renang pada Olimpiade 2016 mengirimkan dua atlet dengan menggunakan fasilitas wild card setelah upaya menembus melalui kualifikasi belum sesuai dengan harapan. Saat ini dua atlet yang akan diberangkatkan menjalani pemusatan latihan di Jakarta.

Berikut nama atlet yang lolos ke Olimpiade 2016 di Brazil, 5-21 Agustus :

BULUTANGKIS

Tunggal Putra

1. Tommy Sugiarto

Ganda Putra

2-3. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Tunggal Putri

4. Lindaweni Fanetri

Ganda Putri

5-6. Nitya Krishinda Maheswari /Greysia Polii

Ganda Campuran

7-8. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

9-10. Praveen Jordan/Debby Susanto


ATLETIK

Lompat Jauh Putri

11. Maria Nathalia Londa

Lari 100 meter

12. Sudirman Hadi


PANAHAN

Recurve Putra

13. Riau Ega Agatha

Recurve Putri

14. Ika Yuliana

Team Recurve Putra

15. Muhammad Hanif Wijaya

16. Hendra Purnama

ROWING

17. Memo (M 1X Putra)

18. Dewi Yuliawati (W 1X Putri)


ANGKAT BESI

19. Deni (69kg)

20. EKo Yuli Irawan (62kg)

21. M Hasbi (62kg)

22. I Ketut Ariana (69kg)

23. Triyatno (69kg)

24. Sri Wahyuni (48kg)

25. Dewi Safitri (53kg)


BALAP SEPEDA

26. Toni Syarifudin (BMX)


RENANG

27. Glenn Victor

28. Yessy Yosaputra.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016