Bandung (ANTARA News) - Perjalanan Kirab Api PON XIX/2016 Jawa Barat akan menempuh jarak 1.004,5 kilometer mulai dari kawasan Balongan di Kabupaten Indramayu hingga ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, yang menjadi tempat penyelenggaraan upacara pembukaan PON XIX//2016 Jabar.

"Jarak tempuh kirab akan mencapai 1.004,5 kilometer mulai dari Balongan ke Stadion GBLA Bandung, seluruh kabupaten/kota di Jabar akan dilintasi rombongan kirab," kata Gubernur Jawa Barat, H Ahmad Heryawan, di Bandung, Senin.

Selain melintasi jalur jalan yang biasa di jalur selatan dan Pantura, kirab api PON XIX/2016 Jawa Barat juga akan diarak melintasi jalur selatan dari Pangandaran ke Tasikmalaya.

"Semuanya daerah akan dilintasi, sehingga PON diketahui warga Jabar dan semangatnya bisa sampai kepada masyarakat," kata Heryawan.

Sementara itu pelaksanaan kirab api PON akan melibatkan orang banyak hingga ribuan orang di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat serta PB PON XIX/2016 Jawa Barat. Selain itu juga akan melibatkan puluhan even organizer yang akan menjadi panitia prosesi kirab api yang diambil dari sumber api abadi di kawasan Pantau Utara Jawa Barat itu.

Selain melibatkan pelari dari Kodam III/Siliwangi, kirab api PON itu akan mengundang para legenda olahraga dari setiap kabupaten/kota yang dilintasi. Setiap kabupaten/kota akan menyimpan api yang akan dinyalakan selama penyelenggaraan PON XIX/2016 berlangsung.

Pelaksanaan kirab akan dilakukan 5-17 September 2016. Sedangkan pelaksanaan PON XIX/2016 Jabar akan digelar 17-29 September 2016. Dilanjutkan penyelenggaraan Pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2016 yang akan digelar 15-25 Oktober 2016.

Rute kirab obor PON akan dibagi ke dalam beberapa etape, dengan total 108 etape. Etape pertama dimulai dari Indramayu, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Garut.

Kemudian Sumedang, Subang, Purwakarta, Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Beksai, Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kota Bandung.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016