Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 700 warga negara Indonesia (WNI) di wilayah Malaysia utara yakni Penang, Kedah dan Perlis melakukan "hiking" (berjalan kaki mendaki perbukitan) untuk menyambut dan mengawali rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-71.

Para WNI itu melakukan kegiatan "Fun Hiking" ke Penang Hill (Bukit Bendera), salah satu lokasi wisata dan olah raga warisan Inggris yang masih dilestarikan oleh Kerajaan Penang, menurut keterangan pers Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang yang diterima di Jakarta, Selasa.

Konsul Jenderal (Konjen) RI Penang, Taufiq Rodhy melepas peserta "hiking" yang menempuh jarak lima kilometer dengan medan yang berbukit.

"Bagi yang terbiasa melakukan, untuk mencapai titik finish pada ketinggian 750 meter dengan jarak lima kilometer bukanlah yang sulit, tapi bagi mereka yang kurang terlatih hal tersebut merupakan perjuangan tersendiri yang menguras banyak energi," ujar Taufiq.

Menurut Taufiq, kegiatan "hiking" itu terselenggara dengan baik berkat kerja keras panitia, baik dari KJRI Penang maupun paguyuban, serta dukungan dari instansi terkait di Kerajaan Pulau Pinang dan dari para mitra kerja KJRI Penang.

Dia mengatakan rangkaian kegiatan untuk menyambut HUT RI ke-71 itu juga dimanfaatkan sebagai wahana untuk menyampaikan berbagai informasi penting terkait keimigrasian dan kekonsuleran, yang pada pokoknya meminta semua WNI di wilayah Malaysia utara agar mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dan Malaysia.

Pada kesempatan itu, pihak KJRI Penang juga menyampaikan mengenai Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) yang diluncurkan oleh Pemerintah RI.

"KJRI Penang senantiasa akan memberikan pelayanan dan perlindungan secara optimal kepada WNI di wilayah utara Malaysia," kata Taufiq.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016