Jakarta (ANTARA News) - Kelompok 85 yang terdiri dari pemilik suara dalam kongres, menyatukan suara jelang pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang rencananya dimulai pada tanggal 3 Agustus 2016 besok dengan agenda pembentukan perangkat kongres.

Kuasa hukum sekaligus Juru Bicara Kelompok 85 (K85) Gusti Randa mengatakan penyatuan pikiran dan suara yang dilaksanakan hari ini, juga bertujuan agar KLB berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan pada pembentukan K85 pada 3 Mei 2016 lalu.

"Kami semua berharap KLB berjalan dengan santun, bermartabat, menghindari hal bersifat deadlock, chaos, karena kami butuh suasana yang tentram," kata Gusti Randa di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa.

Penyatuan suara Kelompok 85 (K85) melalui rapat tertutup tersebut, hanya dihadiri oleh 17 anggotanya (dari 92 anggota), kendati demikian, rapat tersebut tetap berjalan dan menghasilkan enam sikap yang akan diambil kelompok yang kebanyakan terdiri dari klub-klub pemegang suara dalam KLB.

Keenam sikap tersebut yaitu, pertama adalah penetapan Hinca Pandjaitan sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua PSSI hingga digelanya pemilihan ketua baru Federasi Sepak Bola Indonesia tersebut dalam KLB.

Kedua adalah agenda memilih Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang saat ini hanya ada 12 orang dari seharusnya 15 orang. K85 sendiri akan mendesak penggantian semua exco meski PSSI dinilai hanya akan mengisi tiga posisi kosong.

Ketiga adalah mendesak agar pelaksanaan KLB pemilihan pengurus baru dilakukan pada tanggal 11 September 2016 meski dalam undangan agenda PSSI tertulis KLB akan dilaksanakan paling lambat tanggal 31 Oktober 2016.

Keempat adalah mengenai regulasi pemilihan yang sampai hari ini ada di PSSI dan K85 menginginkan ada pembahasan regulasi tersebut dibahas bersama dengan PSSI.

Kelima adalah menyiapkan enam orang anggota Komite Pemilihan untuk membantu Agum Gumelar yang diminta oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) sebagai Ketua Komite Pemilihan.

Keenam adalah menyetujui Ketua Banding Pemilihan (KBP) dipegang Erik Tohir yang sebelumnya ditunjuk oleh FIFA dan AFC serta memberikan kebebasan pada Erik untuk memilih dua hingga empat anggota KBP untuk membantu tugasnya.

KLB tanggal 3 agustus 2016 besok diharapkan oleh K85 akan menghasilkan pengesahan Komite Pemilihan, pengesahan Komite Banding Pemilihan dan keputusan mengenai komite eksekutif PSSI serta jadwal KLB selanjutnya yang mengagendakan pemilihan pengurus PSSI periode selanjutnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016