Sama halnya dengan membeli rumah, untuk menyewa rumah juga dibutuhkan pertimbangan. Apalagi bila kontrak sewa yang dilakukan lebih dari 2 tahun, pastinya dibutuhkan pertimbangan yang matang. Jadi, ke depannya tidak ada rasa penyesalan yang membuat Anda harus mencari rumah disewa lainnya, karena memutuskan kontrak di tengah perjanjian sewa bukanlah hal yang menguntungkan.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat mencari rumah disewa? Sebenarnya tidak begitu berbeda dari mencari rumah untuk dibeli, dalam pencarian rumah untuk disewa juga dibutuhkan pertimbangan seperti lokasi, harga, kondisi bangunan dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips yang telah dirangkum oleh Lifull.ID untuk menemukan rumah sewa yang terbaik:

1.Lokasi

Lokasi merupakan hal yang paling penting untuk dijadikan pertimbangan jika Anda ingin melakukan sewa rumah. Pilihlah lokasi yang jaraknya berdekatan dengan tempat Anda beraktifitas dimana untuk mencapainya bisa di jangkau dengan transportasi umum yang murah. Kenapa? Karena menyewa rumah sifatnya sementara, dan Anda harus berhemat untuk menabung agar bisa membeli rumah. Tentunya akan merugikan bila Anda harus menyewa rumah terus-menerus dan juga harus naik kendaraan pribadi atau harus berganti-ganti transportasi untuk menuju tempat beraktifitas seperti kantor ataupun tempat ibadah.
Periksa juga lingkungan sekitar rumah yang akan disewa, mulai dari keamanan, hingga potensi banjir. Sudah pasti merugikan apabila ternyata Anda harus tinggal di lingkungan dengan kriminalitas tinggi atau banjir. Karena kehilangan barang atau rusaknya barang milik Anda karena banjir bukanlah tanggung jawab pemilik rumah.

2.Harga
Harga juga sudah pasti menjadi pertimbangan untuk Anda yang sedang mencari rumah kontrak. Semakin dekat lokasi rumah dengan pusat kota, sudah pasti harga sewanya akan mahal. Apalagi bila bangunan rumah baru direnovasi dan mempunyai fasilitas lengkap. Jadi, untuk mengakalinya carilah rumah disewa yang berada di pinggiran pusat kota namun memiliki transportasi yang baik untuk ke tempat beraktifitas. Jangan memaksakan diri untuk tinggal di rumah dengan harga sewa tinggi dan berada di pusat kota, ingat Anda harus menabung untuk bisa membeli rumah sendiri ke depannya.
Saat menandatangani perjanjian kontrak juga Anda harus memperhatikan jangka waktu sewa hingga biaya deposit (bila ada). Lakukan negosiasi sebaik mungkin dengan pemilik rumah, dan jangan pernah mengecewakan pemilik rumah. Bayarlah biaya sewa sesuai perjanjian kontrak dan penuhi aturan yang diberikan pemilik rumah. Siapa tahu ke depannya bila Anda ingin memperpanjang sewa kontrak, pemilik akan memberikan potongan harga yang pastinya akan menguntungkan Anda.

3.Kondisi Bangunan
Pastikan rumah yang akan disewa dalam keadaan baik dan layak huni, sesuai dengan yang disebutkan pemilik rumah. Kondisi rumah yang layak contohnya adalah cat dinding yang tidak mengelupas, terdapat air bersih, tidak ada atap yang bocor, bebas dari hama rumah seperti rayap dan tikus, pintu yang kokoh, dan lainnya. Hal tersebut dapat memastikan Anda untuk langsung tinggal dengan tenang di rumah tersebut tanpa harus melakukan perbaikan terlebih dahulu.
Perhatikan juga perjanjian dengan pemilik rumah apabila ke depannya ditemukan masalah, apakah Anda punya hak untuk meminta mereka melakukan renovasi atau memang harus Anda yang menanggungnya.

4.Lingkungan Bersih
Pilihlah lokasi rumah disewa yang berada di lingkungan bersih. Hal ini tergolong sangat penting dari segi kenyamanan, karena lingkungan yang kotor menyebabkan ketidaknyamanan. Pastikan lingkungan rumah disewa jauh dari tempat pembuangan sampah, dan juga selokan yang tidak berbau.
Lingkungan yang bersih juga mempengaruhi kesehatan Anda atau anggota keluarga lainnya agar tidak mudah terserang penyakit.

5.Fasilitas Kawasan Yang Memadai

Terakhir, carilah kawasan rumah disewakan atau kontrakan yang memberikan fasilitas memadai. Fasilitas yang dimaksud contohnya seperti sarana pendidikan, hiburan (restoran/bioskop), tempat bermain, hingga arena olahraga dan bermain anak. Sesuaikan dengan gaya kehidupan Anda. Lagi-lagi tujuan dari hal ini adalah faktor kenyamanan. Sudah pasti Anda akan nyaman apa bila bisa berada dekat dengan hal-hal yang Anda sukai untuk sekedar melepas kepenatan.
Memang tidak semua tips di atas mungkin dimiliki oleh rumah yang disewakan, namun setidaknya dapat membantu Anda untuk memilih seperti apa rumah yang terbaik untuk jangka waktu pendek.

Jangan pernah berpikiran menyewa rumah untuk jangka waktu panjang, karena akan sangat merugikan. Berhemat dan menabunglah sebaik mungkin dan segera menggunakan fasilitas cicilan seperti KPR dari bank untuk bisa segera memiliki rumah sendiri.

Bagi Anda yang masih mempertimbangkan untuk menyewa rumah dan sedang berburu rumah disewakan? Akses saja portal properti Lifull.ID. Portal ini dilengkapi dengan fitur filter pencarian canggih. Anda dapat memperoleh info rumah disewakan di seluruh kota di Indonesia dengan lokasi, tipe bangunan dan harga sesuai keinginan.

Di portal properti Lifull.ID Anda juga dapat mencari rumah baru, apartemen, ruang usaha untuk kantor, hingga tempat kost sesuai kebutuhan. (*)

ADVERTORIAL

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2016