Jakarta (ANTARA News) -  Fenox Venture Capital bersama Badan Ekonimi Kreatif (BEKRAF) mengonfirmasi tokoh ternama di bidang teknologi dan entrepreneurship yang akan menjadi juri dari Startup World Cup (SWC) Indonesia.

Untuk menjamin kualitas kompetisi panitia menetapkan Khailee Ng ​ (Managing Partner 500 Startups), Nadiem Makarim (CEO & Co-founder GO-JEK), Triawan Munaf (Kepala BEKRAF), Willson Cuaca (Managing Partner East Ventures), Patrik Walujo (Co Founder & Managing Partner The Northstart Pacific Group) dan Willis Wee (CEO & Founder TechInAsia) untuk menjadi penilai pada kompetisi berhadiah 1.000.000 dolar AS (Rp14 miliar) tersebut.

Kualitas dan pengalaman juri dianggap penting untuk memastikan Indonesia akan mengirimkan wakil terbaik Indonesia pada acara puncak yang akan diselenggarakan di San Fransisco.

Chairman Startup World Cup sekaligus General Partner dan CEO dari Fenox VC, Anis Uzzaman, menuturkan bahwa para analis memprediksi Indonesia dalam waktu dekat akan segera memiliki banyak Startup Unicorn yang akan mengubah market size industri startup Indonesia.

Untuk menciptakan hal itu, menurut dia, startup founders harus berani menjadi bagian dari kompetisi. Bukan hanya untuk mendapat pendanaan, tetapi juga mendapat exposure pada investor, korporasi dan media ternama.

"Melalui Startup World Cup, Fenox ingin bisa membantu Indonesia mencapai target pertumbuhan teknopreneur dan mengembangkan ekosistem Indonesia menjadi salah satu yang terkuat di dunia," ujar dia, dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA News, Jumat.

"Hingga kini tercatat ratusan startup telah mendaftar untuk menjadi wakil Indonesia. 10 startup terbaik akan diundang untuk pitching dan berkompetisi untuk mewakili Asia Tenggara pada Grand Final Startup World Cup Indonesia yang akan diselenggarakan di Balai Kartini pada 23 Agustus 2016," tambah dia.

Startup World Cup bekerja sama dengan partner di ekosistem startup lokal dari seluruh dunia. Adapun penerimaan aplikasi telah dibuka sejak 21 Juni 2016. Periode pendaftaran SWC Indonesia masih dibuka sampai tanggal 10 Agustus 2016 melalui aplikasi online di www.startupworldcup.io.

Puncak acara Startup World Cup akan dilaksanakan dalam sebuah konferensi di mana para pembicara kelas dunia, Venture Capital, para pengusaha dan publik figur mendiskusikan tentangan utama pada dunia startup.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016