AsiaNet 65329

BEIJING, Tiongkok, 8 Agustus 2016 (Antara/Xinhua-AsiaNet) -- Event promosi China Wujiang Qipao Town dan konferensi pers Kompetisi Desain Arsitektur Internasional yang disponsori oleh Pemerintah Distrik Wujiang dan diselenggarakan oleh Komite Administratif Kota Baru Wujiang Taihu Lake dan Komite Administratif Resor Pariwisata Alam Wujiang East Taihu Lake telah sukses digelar di Beijing pada tanggal 3 Agustus. Dengan mengusung tema memajukan kebudayaan tradisional dan mewariskan keahlian kepada generasi muda, konferensi ini mengundang para hadirin untuk berkunjung ke berbagai rumah arsitek ternama dari dalam dan luar negeri dalam rangka memadukan kekhasan infrastruktur Qipao Town dengan pelbagai fitur arsitektur kontemporer.

Qipao Town terletak di pusat kota Wujiang, yang dikenal sebagai kota yang melahirkan banyak pengrajin sutera terkemuka di Tiongkok, diantaranya seperti Fei Dasheng, "Ibu Sutera", Qian Xiaoping, pewaris warisan budaya takbenda nasional kain brokat Song, dan Zhu Hongsheng, "Perpustakaan Berjalan dari Shanghai School of Qipao". Kain sutera telah menjadi komoditas utama Wujiang dengan total kontribusi mencapai ratusan miliar yuan. Bahkan, produk sutera Wujiang turut menyumbang 1/6 dari total komoditas ekspor nasional Tiongkok.   

Berkat majunya sektor industri dan keberagaman warisan budaya Wujiang, Qipao Town berkomitmen untuk memajukan kebudayaan tradisional dan mewariskan keahlian dan kearifan lokal kepada generasi muda. Dalam jangka panjang, Qipao Town diproyeksikan akan dirancang menjadi sebuah kota budaya, kota industri, dan kota wisata dengan pemandangan lanskap sungai Yangtze Selatan yang memukau, serta mengusung visi "Qipao adalah representatif terdepan dari kostum khas Tiongkok selama beberapa ratus tahun terakhir, Wujiang adalah representatif terdepan dari warisan kebudayaan Qipao".

Tingginya potensi dari Qipao Town menarik antusiasme banyak pelaku industri fashion baik dari dalam maupun luar negeri. Sebagai desainer fashion pertama asal Tiongkok yang berpartisipasi di ajang Paris Haute Couture Week, Lawrence Xu mempersembahkan sejumlah mahakarya klasik yang diantaranya adalah gaun naga "Oriental Auspicious Cloud" yang pernah dipakai oleh aktris ternama Tiongkok, Fan Bingbing. Berlatarbelakang peradaban tinggi selama lebih dari lima ribu tahun, Qipao merupakan representatif terdepan untuk kostum khas Tiongkok. Qipao Town akan meraih kesuksesan melalui berbagai inovasi dengan memadukan unsur modern dan esensi dari kebudayaan Tiongkok klasik.

Kompetisi desain ini telah mengundang para peserta tender untuk berbagai proyek infrastruktur seperti Qipao Museum, hotel tematik Qipao, Qipao Research Institute, Lady's College, area pameran luar ruangan Qipao, dll. Seluruh siklus kompetisi ini, mulai dari pendaftaran peserta, seleksi karya peserta, penjurian, hingga pengumuman pemenang akan dilaksanakan mulai bulan Agustus 2016 hingga akhir tahun 2016. Para peserta dapat mendaftar di situs resmi Qipao Town (http://www.townqipao.com/). Dewan juri akan diisi oleh sejumlah pakar ternama dari Tiongkok, dengan Zhou Chang (Sekretaris Jenderal Asosiasi Arsitektur Tiongkok) bertindak sebagai Ketua Dewan Juri. Jajaran pemenang akan dipilih sebanyak enam peserta yang terdiri dari satu juara pertama, dua pemenang kedua, dan tiga pemenang ketiga. Para pemenang akan memperoleh hadiah dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam merancang pembangunan Qipao Town.

Sumber: Wujiang District Government

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016