Tomohon (ANTARA News) - Megawati Soekarnoputri mengunjungi Gereja Sion, dan menghadiri Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016 di pusat kota Tomohon, Sulawesi Utara, Senin.

Ia tiba sekitar pukul 14.00 WITA, dan mengawali kunjungan dengan mendatangi Gereja Sion Tomohon yang berjarak sekitar 50 meter dari lokasi festival bunga tersebut.

Gereja Sion Tomohon adalah tempat Presiden Soekarno menyampaikan pidato saat menghadiri sidang sinode GMIM ke 23 tanggal 30 September 1957.

"Saya datang ke Tomohon untuk melihat festival bunga, tapi dibawa ke sini melihat dari dekat gereja dengan arsitektur bersejarah. Ayah saya pernah datang ke sini, arsitekturnya masih tetap sama," kata Megawati, Presiden Republik Indonesia kelima.

Di Gereja Sion, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyampaikan pidato tentang Pancasila didampingi Ketua Sinode GMIM Pendeta HWB Sumakul.

Soekarno, Presiden Indonesia pertama, kala menyampaikan pidatonya saat itu didampingi Ketua Sinode GMIM Ds AZR Wenas.

Usai menyampaikan pidato Megawati menuju ke panggung utama Tomohon international Flower Festival 2016 bersama Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, jajaran Forkopimda dan pejabat lainnya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016