Hari ini kita mulai kegiatan kita dengan olah raga, olah hati dan olah otak. Karena ketika semuanya dijadikan satu akan muncul sebuah produk. Untuk memiliki jiwa, mental, karakter dan hati yang sehat dibutuhkan jasmani yang prima."
Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sudan bekerja sama dengan KBRI Khartoum menyelenggarakan perhelatan olah raga akbar WNI Nusantara Games 2016 untuk memperingati HUT RI ke-71 di GOR Naja Shaleh Khartoum.

Siaran pers PPI yang diterima Antara di Jakarta Senin menyebutkan sebagian besar WNI yang terdiri atas mahasiswa, sejumlah personel TNI dan Polri yang sedang berdinas di Unamid-Khartoum, TKI serta seluruh staf KBRI Khartoum menghadiri pembukaan acara tersebut pada Sabtu (6/8).

Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea, Drs. Burhanuddin Badruzzaman menyampaikan penghargaannya atas prestasi dan kegiatan PPI yang semakin berkembang dan bermanfaat dari waktu ke waktu.

Sebagai orang nomor satu di KBRI dan mewakili segenap WNI, Dubes Burhanuddin Badruzzaman mengaku sangat bangga.

"Saya tak dapat menyembunyikan perasaan bangga dan terharu," ujar Dubes Burhanuddin.

"Hari ini kita mulai kegiatan kita dengan olah raga, olah hati dan olah otak. Karena ketika semuanya dijadikan satu akan muncul sebuah produk. Untuk memiliki jiwa, mental, karakter dan hati yang sehat dibutuhkan jasmani yang prima." kata dia dalam sambutannya. "Niat silaturrahim harus didukung dengan kreasi dan inovasi. Dalam momen ini, selain fisik, kita tingkatkan juga kualitas pikiran, moralitas dan mental kita. Dan jangan lupa sebagai muslim, mari kita luruskan niat agar segala hal bernilai ibadah di mata Allah Taala," kata Dubes.

Perhelatan itu diawali dengan tilawah ayat suci Al Quran oleh Aginanjar Wahyunijaya sebagai utusan dari PPI Sudan, dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia Nusantara Games 2016 Firman Hadiansyah.

Dalam sambutannya. Ia berharap agar NG2016 ini selain sebagai sarana olah raga, juga sebagai sarana pemersatu dan silaturrahim antar-WNI di Sudan.

"Olah raga bukan saja menyangkut jasmani, namun ia juga bagai benang yang dapat menyambungkan satu dengan yang lainnya. Semoga dengan kegiatan ini silaturrahim dapat terwujud dan kita mampu bersama-sama membangun negeri," ujar Firman.

Wakil Ketua PPI Sudan, Kiagus Ahmad Firdaus, mahasiswa yang baru tepilih sebagai koordinator PPI regional Afrika dan Timur Tengah, memberikan penghargaan penuh atas kontribusi panitia yang mayoritas justru berstatus sebagai mahasiswa baru di Sudan.

"Kami sungguh bangga mahasiswa-mahasiswa baru di Sudan ini memiliki semangat dan ide-ide yang segar untuk menyukseskan NG2016. Semoga bisa lebih mendongkrak prestasi PPI Sudan yang saat ini telah menjadi salah satu PPI teraktif," kata Kiagus.

Pewarta: Mohamad Anthoni
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016