Jangan masuki Pramuka dengan politik atau mempergunakannya sebagai alat ..."
Surabaya (ANTARA News) - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Praja Muda Karana Jawa Timur (Ka Kwarda Pramuka Jatim) Saifullah Yusuf melantik Tri Rismaharini sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kota Surabaya periode 2016-2020, Senin.

"Selamat mengemban amanat sebagai Kamabicab, dan jangan pernah berhenti mengembangkan Gerakan Pramuka, khususnya di Surabaya," ujar Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Graha Sawunggaling Surabaya.

Saifullah, yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur, menyampaikan bahwa Pramuka merupakan organisasi pendidikan yang tujuannya untuk menggerakkan para pemuda agar menjadi generasi penerus bangsa menjadi lebih baik.

Oleh karena itulah, ia berharap agar perkembangan Pramuka di Surabaya semakin maju dan dicintai pemuda, khususnya pelajar dengan cara tidak meremehkannya.

Gerakan Pramuka adalah murni organisasi pendidikan tidak boleh tercampuri oleh organisasi yang bergerak di bidang politik, ujarnya.

"Jangan masuki Pramuka dengan politik atau mempergunakannya sebagai alat, sebab organisasi ini murni untuk mendidik anak lebih mandiri," katanya.

Tidak itu saja, menurut dia, menjadi pengurus dan anggota Pramuka tidak melihat dan mengharapkan jasa ataupun pamrih sehingga dibutuhkan jiwa yang ikhlas untuk melaksanakannya.

"Pembimbing Gerakan Pramuka, terutama Kota Surabaya, harus dengan keihklasan dan tanpa pamrih dalam melaksanakan tugasnya," kata mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) itu.

Pada kesempatan sama, ia berniat mengusulkan Tri Rismaharini yang juga Wali Kota Surabaya untuk mendapatkan penghargaan atas jasanya memberikan perhatian kepada Pramuka di kotanya.

"Saya akan usul ke Presiden RI Joko Widodo dan ke Ketua Kwarnas Pramuka untuk memberikan penghargaan ke Bu Risma karena terbukti mengembangkan Pramuka di Surabaya sehingga tercapai, seperti sekarang," demikian Saifullah Yusuf.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016