Pogba bergabung ke Manchester United

Pogba bergabung ke Manchester United

Gelandang tim nasional Prancis, Paul Pogba, beraksi saat melakoni laga penyisihan Grup A Piala Eropa 2016 kontra Albania di Stadion Velodrome, Marseille, 15 Juni 2016. (AFP PHOTO/BERTRAND LANGLOIS)

London (ANTARA News) - Gelandang Prancis Paul Pogba bergabung kembali ke Manchester United dari juara Italia Juventus dengan ikatan kontrak lima tahun, dengan opsi perpanjangan untuk tahun mendatang, demikian klub Liga Inggris itu mengumumkan dalam pernyataannya pada Senin.

Media Inggris melaporkan United memecahkan rekor transfer dunia yakni 89 juta pound (115,98 juta dolar)pada pemain 23 tahun tersebut, melampaui 100 juta euro (110,84 juta dolar) yang dikeluarkan Real Madrid untuk mendatangkan pemain Wales Gareth Bale dari Tottenham Hotspur pada 2013.

"Saya gembira dapat kembali bergabung dengan United. Ini selalu menjadi klub dengan tempat istimewa di hati saya, dan saya benar-benar tidak sabar untuk bekerja dengan (manajer) Jose Mourinho," kata Pogba dalam pernyataan di situs resmi United (www.manutd.com).

"Saya menikmati masa-masa saya di Juventus dan memiliki kenangan-kenangan fantastis di klub hebat dengan pemain-pemain yang saya anggap sebagai teman. Namun saya rasa inilah saat yang tepat untuk kembali ke Old Trafford."

"Saya selalu menikmati bermain di depan para penggemar dan tidak sabar untuk melakukan kontribusi saya kepada tim. Inilah klub yang tepat bagi saya untuk mencapai apapun yang saya harapkan di permainan ini."

Pogba merupakan rekrutan baru terkini Mourinho menyusul bek Eric Bailly, penyerang Zlatan Ibrahimovic, dan gelandang Henrikh Mkhitaryan ketika pria asal Portugal itu berupaya membangun ulang kekuatan skuad yang ia warisi dari Louis van Gaal.

"Paul adalah salah satu pemain terbaik di dunia dan akan menjadi bagian kunci dari tim United yang ingin saya bangun di sini untuk masa yang akan datang," tambah Mourinho. "Ia cepat, kuat, mencetak gol demi gol, dan membaca permainan lebih baik daripada pemain-pemain yang lebih tua dari dirinya."

"Pada usia 23 tahun, ia memiliki kesempatan untuk mengamankan posisinya di sini untuk tahun-tahun mendatang. Ia muda dan akan terus berkembang; ia memiliki peluang untuk berada di jantung klub ini untuk dekade mendatang dan seterusnya."

Pesepak bola hebat

Gelandang Prancis itu, yang kekuatan dan jangkauan operannya semestinya membuat United dapat bermain lebih ekspansif ketimbang gaya terbatas yang diadopsi Van Gaal, merupakan pemain incaran sejumlah klub papan atas Eropa sepanjang musim panas ini, di mana Real Madrid pun turut memantau situasinya.

"Semua orang tertarik pada Pogba. Ia merupakan pesepak bola hebat dan ketika Anda merupakan bagian dari (Real) Madrid, Anda selalu menginginkan yang terbaik," kata pelatih Real Zinedine Zidane, sebelum United akhirnya mengamankan jasa pemain yang telah mencetak 34 gol dari 178 pertandingan untuk Juventus itu.

Pogba bergabung dengan Juve pada 2012, setelah menjalani sistem akademi Le Havre sebelum pindah ke akademi United pada 2009.

Ia memenangi empat gelar Liga Italia dan dua Piala Italia pada masa bakti yang sukses bersama klub asal Turin itu, namun mendapat kritik keras setelah gagal bersinar di final Liga Champions 2015 saat Juve dikalahkan Barcelona dan ketika Prancis kalah dari Portugal di final Piala Eropa 2016.

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar