Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi X DPR Venna Melinda menyatakan akan mengawasi pelaksanaan program kurikuler jika pemerintah mewujudkan wacana sekolah sehari penuh.

"Saya sebagai anggota DPR Komisi X yang salah satunya membidangi pendidikan akan terus mengawasi agar penyelenggaraannya tidak salah arah," kata Vena lewat surel kepada ANTARA News, Selasa (9/8).

Anggota DPR, ia mengatakan, akan melakukan pengawasan untuk memastikan tujuan program untuk mendidik anak-anak menjadi kompeten, mandiri dan adaptif.

Kendati demikian Venna meminta pemerintah mempertimbangkan masalah-masalah seperti anggaran, ketersediaan dan pemerataan guru di seluruh wilayah jika ingin menerapkan program sekolah sehari penuh.

"Saya akan sangat setuju dengan catatan. Harus dipertimbangkan masalah pengeluaran anggaran, ketersedian dan pemerataan guru yang tidak timpang antara kota besar versus daerah kecil maupun tertinggal," kata dia.

Di samping itu, menurut dia, penerapan program semacam itu membutuhkan kemampuan manajemen baik dan indikator keberhasilan yang jelas.

Kalau anak-anak harus sekolah sehari penuh, ia menjelaskan, harus ada program dan sarana yang bisa membuat murid-murid betah di sekolah dan para guru bekerja maksimal untuk membangun karakter dan intelektualitas anak.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016