Jakarta (ANTARA News) - Pewaris komposes lagu "Let's Get It On" dari Marvin Gaye menggugat musisi Inggris Ed Sheeran, Selasa (9/8), mengklaim lagu hit "Thinking Out Loud" penyanyi itu meniru elemen-elemen inti dari lagu mendiang penyanyi soul Marvin Gaye yang keluar tahun 1973.

Gugatan pelanggaran hak cipta diajukan oleh ahli waris Ed Townsend, yang menulis lirik "Let's Get It On" pada 1973 dan menciptakan komposisi musiknya menurut dokumen gugatan yang diajukan ke pengadilan federal Distrik Selatan New York.

Perwakilan Sheeran, Sony/ATV Music Publishing dan Atlantic Records, belum merespons permintaan kantor berita Reuters untuk menanggapi masalah itu.

Menurut gugatan, yang meminta kerugian akibat pelanggaran itu dinilai dalam sidang juri, progresi harmoni dan elemen-elemen ritmik sentral "Let's Get It On" membentuk struktur "Thinking Out Loud" milik Sheeran.

"Terdakwa meniru 'jantung' dari 'Let's' dan mengulanginya terus menerus sepanjang 'Thinking'," menurut gugatan itu.

"Komposisi melodi, harmoni dan ritme 'Thinking' secara substansial dan/atau sangat mirip dengan komposisi drum 'Let's'."

Sheeran, pemenang Grammy Award, menjadi salah satu artis top Inggris dalam dua tahun terakhir, dan dia juga menulis lagu untuk musisi seperti One Direction, Taylor Swift dan Justin Bieber.

Gugatan itu datang dua bulan setelah musisi California menggugat Sheeran senilai 20 juta dolar AS untuk lagu "Photograph" dalam kasus lain.

Keluarga Gaye tahun lalu berhasil menggugat musisi R&B Robin Thicke dan Pharrell Williams untuk pelanggaran hak cipta terkait lagu "Blurred Lines", mereka mendapat 7,4 juta dolar AS sesuai keputusan pengadilan menurut warta kantor berita Reuters.



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016