Rio de Janeiro (ANTARA News) - Perenang Amerika Serikat Michael Phelps meraih medali emas keduanya dalam semalam dan yang ke-21 sepanjang karirnya saat memenangi lomba nomor 400x200 meter gaya bebas putra di Olimpiade pada Selasa (9/8).

Atlet renang Olimpiade paling sukses sepanjang waktu itu menambah jumlah total perolehan medali selama karirnya menjadi 25, termasuk dua medali perak dan dua medali perunggu.

Sebelumnya dia meraih medali emas ke-20 dalam karirnya dari nomor 200 meter gaya kupu-kupu dalam kompetisi yang dibayang-bayangi kekalahan dari perenang Afrika Selatan Chad Le Clos di Olimpiade 2012.

Ini adalah kemenangan keempat berturut-turut dari tim Amerika Serikat di ajang Olimpiade.

Sorakan keras terdengar dari kerumunan di Rio ketika Phelps melompat dari blok 1,76 detik lebih dulu dari perenang Jepang dan 2,88 detik dari atlet Inggris.

Atlet Amerika itu menyelesaikan pertandingan dalam tujuh menit dan 00,66 detik.

Sementara atlet Inggris James Guy mendapat medali perak, medali pertama bagi Inggris dalam ajang ini setelah mereka memenangkan medali perunggu tahun 1984.

Tapi malam itu milik Amerika dan Phelps, yang setelah empat hari kompetisi di Rio memenangi tiga medali emas, pada kali kelimanya mengikuti Olimpiade, demikian seperti dilansir Reuters. (Uu.D011)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016