Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan elektronik asal Jepang merencanakan tiga bisnis baru di Indonesia yang berfokus di bidang energi, prasarana dan penyimpanan.

Tatsuo Doko, Corporate Representative-Asia Toshiba dan Managing Director Toshiba Asia Pacific dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu, mengatakan, pihaknya senang memimpin perusahaannya di kawasan Asia, yang telah diidentifikasi sebagai salah satu pasar pertumbuhan utama.

"Karena negara-negara di kawasan tersebut terus mengalami pertumbuhan ekonomi yang cepat, Toshiba dihadapkan dengan banyak kesempatan untuk berkontribusi melalui solusi energi, prasarana dan penyimpanan terkemukanya," katanya.

Doko mengatakan, Toshiba berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat yang aman, terjamin dan tangguh di Indonesia dan mendukung perkembangan negara yang berlanjut.

"Toshiba telah mendukung Indonesia selama lebih dari 40 tahun, dan masih ada banyak cara kita dapat berkontribusi - tidak hanya melalui solusi energi kami yang beragam, seperti Indonesia bekerja mencapai tujuannya untuk menambahkan 35GW pembangkit listriknya, tetapi juga melalui penyediaan prasarana yang andal yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan yang cepat dari negara ini, " ujarnya.

Toshiba Asia Pacific Indonesia didirikan pada tahun 2014 untuk mengerahkan sumber daya untuk membantu meningkatkan solusi prasarana di Indonesia dan  pada tahun 2011, Toshiba juga mengakuisisi PT Envitech Perkasa, sebuah perusahaan EPC (Engineering, Procurement, dan Construction) untuk pabrik pengolahan air dan air limbah, untuk memperluas bisnis pengolahan air dan air limbah di Indonesia.

Sampai saat ini, perusahaan itu memasok 19 unit turbin uap dan 33 unit turbin hidrolik di seluruh Indonesia, yang kapasitas gabungannya hampir mendekati 7.000 MW, dan memberikan kontribusi melalui proyek-proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi/ seperti pembangkit listrik Sarulla dan Patuha.

Doko ditunjuk sebagai Corporate Representative-Asia untuk Toshiba Corporation dan Managing Director Toshiba Asia Pacific pada bulan September 2015, dan bertanggung jawab untuk mengawasi dan memperluas bisnis di Asia dan Oceania (tidak termasuk Jepang, China dan Hong Kong).

Pada 10-12 Augustus 2016, Toshiba menampilkan solusi panas bumi/geothermal di International Geothermal Convention and Exhibition 2016 ke-4 di Indonesia. Toshiba adalah pemasok turbin panas bumi/ yang terkemuka di dunia sejak tahun 1966, dan sampai saat ini, telah menginstal 53 unit dengan total 3,4 gigawatts (GW) di seluruh dunia.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016