Festival Krakatau akan digelar

Festival Krakatau akan digelar

Dokumenyasi anak Gunung Krakatau mengeluarkan asap dari kalderanya yang difoto dari udara dengan menggunakan pesawat patroli NC-212-200 TNI AL, di Selat Sunda, Senin (20/5). Anak gunung krakatau merupakan gunung yang timbul pada 1927 atau 44 tahun setelah meletus. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Bandarlampung, Lampung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Lampung bersama perwakilan dari 15 kabupaten dan kota di daerah setempat akan menggelar Festival Krakatau ke-26 tahun 2016.

"Sejumlah rangkaian kegiatan disiapkan untuk menyemarakkan Festival Krakatau," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung, Bayana, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, rangkaian kegiatan Festival Krakatau akan dimulai dengan jelajah Pasar Seni berupa pameran foto bawah air dan objek wisata Lampung, fashion show, pertunjukan musik akustik, talk show.

Kemudian, seminar usaha kreatif, yang akan dilaksanakan di Mal Boemi Kedaton Bandarlampung pada 24 hingga 28 Agustus 2016. Selanjutnya jelajah layang-layang pada 25 hingga 26 Agustus 2016, 

Akan ada lomba layang-layang dan lomba foto amatir yang akan diikuti oleh peserta nasional dari Provinsi Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat serta peserta dari manca negara (Malaysia, Singapura, Perancis) dengan peserta work shop direncanakan akan diikuti 200 anak.

Menurutnya, untuk jelajah rasa pada 26 hingga 28 Agustus akan menyajikan bazar kuliner dan aneka permainan anak, didukung oleh truk makanan, tenda artis, dan distro.

"Seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, jelajah Krakatau pada 27 Agustus 2016, berupa tour menjelajahi Gunung Anak Krakatau menggunakan kapal. Acara ini diawali dengan acara "ngumbai lawok" yang dimeriahkan oleh puluhan perahu hias," ujar pejabat humas Lampung.

Rangkaian acara akan ditutup dengan jelajah semarak budaya Lampung (Lampung Culture and Tapis Carnival). Para peserta merupakan utusan dari kabupaten/kota akan menampilkan kekayaan budaya Lampung dan nusantara.

Acara ini mengusung tema Topeng Lampung. Selanjutnya pada malamnya diadakan gala dinner bertajuk Investor Summit. Acara makan malam ini akan dihadiri para investor diiringi oleh persembahan musik dan fashion Lampung.

Pewarta: Agus Sukarta
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar