Bekasi (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian meminta perusahaan teknologi PT Omron Manufacturing Indonesia untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam menghasilkan produknya pada fasilitas terbaru.

"Kami harapkan Omron dapat terus meningkatkan TKDN di pabriknya untuk memaksimalkan potensi dalam negeri," kata Sekjen Kementerian Perindustrian Syarif hidayat di Cikarang, Bekasi, Kamis.

Syarif menyampaikan, perusahaan asal Jepang tersebut dapat menggandeng industri dalam negeri untuk dapat meningkatkan kandungan lokal dalam proses produksinya.

Sementara itu, Presiden Direktur OMI Irawan Santoso menyatakan perusahaan siap meningkatkan TKDN hingga 70 persen dalam waktu dua sampai tiga tahun.

"Saat ini, TKDN pada fasilitas terbaru kami baru 25 persen, tapi kami yakin bisa meningkat hingga 70 persen dalam dua hingga tahun," kata Irawan.

Menurut Irawan, fasilitas baru tersebut akan meningkatkan kapasitas produksi dari 160 juta menjadi 200 juta komponen per tahun.

Adapun 90 persen dari total produksi di fasilitas baru tersebut akan diekspor ke Amerika dan Eropa, sementara 10 persen sisanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016