Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengingatkan para kepala desa soal sumpah setia pada konstitusi dan undang-undang yang berlaku agar berperilaku sesuai Pancasila.

"Bila kita dilantik menjadi kepala desa kita akan disumpah untuk setia pada konstitusi dan patuh pada peraturan perundangan yang berlaku. Kalau patuh pada konstitusi maka setiap kepala desa perilakunya akan sesuai dengan Pancasila, ujar dia dalam Musyawarah III Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia di Bandar Lampung, Kamis, seperti dalam keterangan tertulis MPR. Perilaku sesuai dengan Pancasila," menurut Zulkifli adalah perilaku yang disinari cahaya Illahi, sehingga dalam setiap perilaku dan perkataannya mencerminkan kebaikan.

"Bila sudah disinari cahaya illahi maka ia akan memanusiakan manusia secara adil dan beradab. Tak hanya itu, ia akan melakukan tindak tanduk perilaku dengan penuh kebaikan, penuh etika, yang akhirnya mempersatukan seluruh warga," kata dia.

Selain itu, sosok yang hadir pun tidak dipenuhi kebencian dan keinginan melakukan adu domba. Dalam kesempatan itu, Zulkifli juga mengingatkan para kepala desa bahwa bangsa ini sudah sepakat dengan demokrasi Pancasila, yakni kepala desa, kepala daerah, presiden, dan anggota DPR adalah wakil rakyat yang mengemban amanat rakyat.

"Mereka melayani rakyat dan negara sesuai dengan peraturan perundangundangan," pungkas dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016