Surabaya (ANTARA News) - Kapal pesiar internasional berbendera Bermuda, Down Princess yang membawa 1.959 wisatawan dan 843 kru kapal, sandar di Pelabuhan Lembar, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis.

General Manager Pelindo III Lembar, Baharudin dalam keterangan persnya di Surabaya, mengatakan kapal pesiar yang dinakhodai Jason Paul Slight itu sebelumnya sandar di Pelabuhan Benoa Bali, kemudian singgah di Mataram, dan akan melanjutkan perjalanan ke Fremantle di Australia.

Ia mengatakan, tujuan kunjungan kapal pesiar internasional sandar ke Pelabuhan Lembar untuk mengajak para turis atau wisatawan asing yang ada dalam kapal mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Pulau Lombok.

Selain itu, kata Baharudin, juga untuk mengajak para turis berbelanja cinderamata lokal serta mengunjungi pusat kerajinan gerabah.

"Pusat kerajinan gerabah menjadi favorit, karena para wisatawan bisa turut mencoba membuat karya gerabahnya sendiri. Pendekatan partisipatori yang membuat para turis tidak hanya melihat, namun memiliki pengalaman langsung dalam berwisata itu akan membawa mereka datang lagi atau turut mempromosikan desnitasi wisata di Pulau Lombok," katanya.

Ia mengatakan, kunjungan kapal pesiar ke pelabuhan yang menjadi kewenangan Pelindo III tersebut adalah bagian dari upaya BUMN kepelabuhanan untuk mendorong program pariwisata pemerintah.

Baharudin menjelaskan, hingga Agustus 2016 total kapal pesiar internasional yang sudah singgah ke Lombok mencapai 11 kapal, dan ditarget hingga akhir tahun 2016 akan mencapai 24 kapal pesiar.

"Pada tahun 2015 ada sebanyak 26 kapal pesiar internasional yang datang dan berkunjung ke Mataram. Mereka masuk ke Lombok melalui Pelabuhan Lembar dengan total wisatawan mencapai 36 ribu orang," ucapnya.

Baharudin mengaku, pelabuhan Pelindo III yang berada di tujuh provinsi di Indonesia siap menjadi pintu masuk berbagai destinasi wisata menarik di Tanah Air, baik wisata bahari maupun historis.

"Untuk itu, kami selaku BUMN kepelabuhanan yang berpusat di Surabaya tersebut terus berupaya merevitalisasi terminal penumpang agar dapat menarik wisatawan untuk datang," katanya.

Ia mengaku, dukungan Pelindo III bertujuan untuk peningkatan perekonomian daerah, seperti di Pulau Lombok dan NTB agar lebih banyak turis domestik dan mancanegara datang.

Pewarta: Abdul Malik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016