Yogyakarta (ANTARA News) - PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta ikut memeriahkan "Promo Merdeka" yang digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-71 Republik Indonesia dengan menjual tiket seharga Rp17.000 untuk semua kelas kereta.

"Promo ini hanya berlaku untuk kereta komersial jarak jauh dan menengah, baik kelas eksekutif, bisnis maupun ekonomi. Tiket berlaku untuk perjalanan pada 17 Agustus," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Kamis.

Sejumlah kereta komersial dari Daerah Operasi VI Yogyakarta yang akan berpartisipasi dalam kegiatan promo tersebut di antaranya adalah Taksaka, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Senja Utama, Fajar Utama serta Progo.

Di setiap rangkaian kereta, PT KAI menyiapkan 71 tiket promo yang bisa diperoleh calon penumpang melalui pemesanan di loket penjualan stasiun atau melalui "channel" penjualan tiket eksternal.

Komposisi tiket promo untuk kereta pada kelas campuran yaitu eksekutif dan bisnis masing-masing 31 dan 40 tempat duduk, sedangkan untuk campuran eksekutif, bisnis, dan ekonomi masing-masing 11, 25, dan 35 tempat duduk.

Sedangkan untuk rangkaian kereta campuran eksekutif dan ekonomi masing-masing 31 dan 40 tempat duduk, dan rangkaian bisnis dan ekonomi masing-masing 31 dan 40 tempat duduk.

"Layanan pembelian tiket promo ini dilakukan selama sekitar satu pekan terhitung sejak hari ini hingga 17 Agustus. Namun, tiket hanya bisa dilayani selama tempat duduk masih tersedia," katanya.

Petugas yang melayani pembelian tiket, lanjut Eko, sudah diminta menginformasikan kepada penumpang mengenai tiket promo. Tiket promo tersebut tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya.

Eko berharap promo tiket untuk memperingati kemerdekaan Indonesia tersebut semakin meningkatkan minat penumpang kereta komersial jarak jauh dan menengah untuk memanfaatkan moda transportasi tersebut.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016