Kedatangan kapal perang milik Amerika Serikat dalam rangka kunjungan wisata (port visit). Selama enam hari singgah di Bali, para awak kapal akan melaksanakan kunjungan ke beberapa tempat wisata di pulau Bali ini."
Surabaya (ANTARA News) - Kapal perang Amerika Serikat Type San Antonio-Class Amphibious Transport Dock (US Navy) "USS New Orleans" (LPD-18) menyinggahi Perairan Nusa Dua, Bali pada 7-12 Agustus 2016.

"Kapal perang Negeri Paman Sam yang lego jangkar di posisi 08 46 28 S - 115 14 40 T. Ada 80 personel Pangkalan TNI AL (Lanal) Bali, Lantamal V, yang mengamankan kapal perang itu," kata Danlantamal V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah di Surabaya, Kamis.

Kapal perang US Navy Homeport Naval Base San Diego yang dikomandani Captain Jameson itu memiliki spesifikasi panjang 208,4 meter, lebar 32 meter, draft 7 meter dengan bobot sekitar 24.433 ton, mesin 4 coult pielstick diesel engines, 2 shafts 40.000 hp (30.000 Kw), dilengkapi dengan peralatan senjata canggih.

Peralatan senjata canggih dimaksud antara lain 2x30 mm Bushmaster senjata 2 (dua) untuk pertahanan ancaman permukaan, 2 x peluncur RIM 116 Rolling Airframe Missile untuk pertahanan udara dan pertahanan rudal, sekoci 2 x LCACs (Air Chushion), dan l Landing craft utility (Conventional).

Tidak hanya itu, kapal itu juga masih dilengkapi senjata antikapal selam, dua helikopter landing spots dan dilengkapi dengan dua mesin penggerak pokok dengan kecepatan 20 knots, dan jumlah ABK kurang lebih 1.100 orang, terdiri dari 35 Officers, 356 enlisted, dan 700 US Marines.

"Kedatangan kapal perang milik Amerika Serikat dalam rangka kunjungan wisata (port visit). Selama enam hari singgah di Bali, para awak kapal akan melaksanakan kunjungan ke beberapa tempat wisata di pulau Bali ini," katanya.

Berkaitan dengan kunjungan kapal perang negara adidaya tersebut, Lanal Denpasar mendapat kunjungan dari Athan Amerika Serikat untuk Indonesia Letkol Koichi Takagi dan dari NCIS (Naval Crime Investigative Service), Mr. Schuyler D. Lee, dan Mr. Mark Pendeergast (8/8).

Kedatangan mereka langsung diterima oleh Komandan Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa yang didampingi Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Sobarudin di Lobby Mako Lanal Denpasar, Jalan Raya Sesetan, Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut, Athan Amerika menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Komandan Lanal Denpasar, karena mendapat bantuan pengamanan dari Pangkalan TNI AL Denpasar.

Selama kapal perang AS tersebut berada di perairan Nusa Dua Bali, dua kapal itu berada dalam pengamanan TNI AL (Lanal Denpasar) yang mengerahkan 1 KRI bantuan dari Koarmatim yaitu KRI Sidat-851sebagai pendamping USS New Orleans (LPD-18), satu combat boat catamaran dan Rubber Boat untuk pengamanan sektor pelabuhan serta sedikitnya 80 personel pengamanan darat.

Pewarta: Edy M Ya`kub
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016