Rio de Janeiro (ANTARA News) - Michael Phelps meninggalkan kolam renang Olimpiade untuk terakhir kalinya Sabtu waktu Brasil dengan mewujudkan semua impian semasa kecilnya, namun jelas dia tidak akan meninggalkan dunia olah raga yang telah mengharumkan namanya ke seantero jagat itu.

Karir renang Phelps diakhiri dengan medali emas ke-23 dari estafet 4x100 gaya ganti putra Sabtu waktu Brasil yang makin mengukuhkan dirinya sebagai atlet Olimpiade paling sukses dan paling besar sepanjang masa.

"Ini semua bermula dan diawali dari mimpi sewaktu kecil yang mengubah olah raga renang dan berusaha melakukan hal yang tidak pernah dilakukan orang sebelumnya. Dan itu semua berubah indah sekali," kata perenang Amerika berusia 31 tahun itu.

Setelah Olimpiade London 2012 yang saat itu diumumkannya sebagai Olimpiade terakhirnya, Phelps menghilang dan tidak bersiap diri.  Dia pernah mengaku ingin menjadi pemain golf profesional, namun akhirnya kembali juga ke kolam renang, kendati pernah direhabilitasi karena kecanduan alkohol. Untuk akhirnya tampil kelima kalinya pada Olimpiade.

Di Rio, di mana dia mengukuhkan pencapaian 28 medali Olimpiade selama dia ikuti, selain tiga perak dan dua perunggu.  Dia telihat jelas kelelahan dan emosional kapan pun dia menatap tunangannya Nicole dan anak mereka Boomer di tribun penonton.

"Turun dari bus untuk berjalan masuk ke kolam renang malam ini saya hampir menangis," kata Phelps. "Terakhir kali pemanasan, terakhir kali mengenakan pakaian renang, terakhir kali berjalan di depan ribuan orang untuk mewakili negara saya adalah luar biasa."

"Jauh lebih baik dibandingkan dengan empat tahun silam, inilah cara yang saya inginkan dalam mengakhiri karir saya," sambung Phelps seraya menyatakan siap membuka babak baru kehidupannya.

Salah satu babak baru itu adalah dia tidak akan tampil pada Olimpiade Tokyo 2020.

Sejak pertama kali turun pada Olimpiade 2000 di Sydney, Phelps sudah berambisi membawa renang ke arus utama.  "Saya bilang sewaktu saya berusia 15 tahun bahwa saya ingin mengubah olah raga renang. Ya, saya sudah berbuat banyak, namun itu belum cukup."

Kini Phelps telah menyatakan pensiun dari renang, namun komunitas renang meyakini dia akan terus terlibat dalam olah raga ini.

"Michael mungkin tidak akan bertanding lagi namun dia tetap akan sangat terlibat dalam olah raga ini," kata rekan senegaranya Ryan Murphy seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016