Animasi karya SMK diminati sejumlah rumah produksi

Animasi karya SMK diminati sejumlah rumah produksi

Ilustrasi - beberapa karya animasi yang di unggah ke website animasimanis. (animasimanis.com)

Jakarta (ANTARA News) - Animasi karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Raden Umar Said (RUS) Kudus, Jawa Tengah, diminati sejumlah rumah produksi melalui karyanya "Pasoa dan Sang Pemberani".

"Proses pembuatan Pasoa Sang Pemberani oleh SMK RUS tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat dan perjuangan yang tidak mudah," ujar Penasihat Teknis SMK RUS, Daniel Harjanto, di Jakarta, Senin.

Banyaknya rumah produksi yang tertarik terhadap karya siswa SMK tersebut, menunjukkan bahwa karya sekolah kejuruan dapat bersaing di dunia industri.

Sekolah tersebut merupakan binaan dari Djarum Foundation.

Dia mengatakan pihaknya ingin mendorong semangat kreatif anak-anak sekolah kejuruan di daerah, salah satunya melalui dukungannya terhadap SMK RUS di Kudus, Jawa Tengah.

SMK RUS mendapat dukungan berupa Studio Animasi RUS berstandar internasional dan pengembangan tenaga pendidik animator.

Bahkan Djarum Foundation bekerjasama dengan Woody Woodman dari Walt Disney Animation Studio memberikan dukungan mentoring untuk siswa-siswa SMK RUS.

Dengan proses pembelajaran yang intens bersama para mentor dan pengajar profesional, para siswa angkatan pertama di RUS Animation Studio saat ini tengah merampungkan proses produksi film animasi 3D dari Pasoa dan Sang Pemberani.

Film ini bercerita tentang seekor hewan mitologi bernama Pasoa, perwujudan dari perpaduan beberapa hewan di Indonesia.

Hewan itu hadir untuk melindungi kekayaan hayati negeri ini. Kisah Pasoa diharapkan dapat mengenalkan lebih dalam tentang nilai-nilai kearifan lokal dalam menjaga alam Indonesia, sekaligus menyebarkan kekayaan dongeng tradisional yang berakar di masyarakat Indonesia.

Film yang menjadi karya monumental dari para siswa RUS Animation Studio itu akan ditayangkan pada November 2016.

Sebelumnya, animasi Pasoa dan Sang Pemberani karya RUS Animation Studio berhasil "mencuri" perhatian pengunjung ajang Popcon Asia 2016 pada 12-14 Agustus 2016.

Popcon Asia 2016 bekerja sama dengan Djarum Foundation juga menghadirkan talkshow bersama animator kelas dunia yang mengerjakan Hotel Transylvania, Kevin Jackson.

"Melalui program peningkatan kualitas sekolah menengah kejuruan (SMK) yang telah dirintis sejak tahun 2012, Djarum Foundation terus konsisten dalam mencetak lulusan SMK yang terampil dan siap bekerja pada bidang pekerjaan berpenghasilan tinggi, khususnya di sektor industri kreatif, " ujar Direktur Program, Primadi H Serad.

Kehadiran RUS Animation Studio tidak hanya berupaya menyiapkan tenaga terampil bagi industri animasi, namun pada akhirnya juga menghasilkan karya-karya seni kreatif yang mampu membawa nilai-nilai kearifan lokal Indonesia kepada pecinta tayangan animasi di seluruh dunia.

(I025)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar