Terminal ini baru beroperasi sekitar 40 persen. Tapi faktor `safety` sudah 100 persen, sedangkan pelayanan 85 persen. Yang lain tinggal `finishing`."
Tangerang (ANTARA News) - Komisaris Utama PT Angkasa Pura II Rhenald Kasali menyatakan faktor keamanan dan keselamatan Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, paling siap dibandingkan faktor lainnya, meskipun sempat dilanda banjir.

"Terminal ini baru beroperasi sekitar 40 persen. Tapi faktor safety sudah 100 persen, sedangkan pelayanan 85 persen. Yang lain tinggal finishing," katanya saat ditemui di sela-sela peninjauan Wakil Presiden Jusuf Kalla di terminal baru itu, Senin sore.

Guru besar ilmu manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu menjamin dari waktu ke waktu terminal tersebut akan mengalami perbaikan.

Ia menyebutkan Terminal 3 itu sampai saat ini baru bisa menampung sekitar 10 juta orang per tahun dengan kemampuan operasional sebesar 40 persen.

Jika sudah beroperasi 100 persen, lanjut dia, maka terminal tersebut diproyeksikan mampu menampung 25 juta penumpang per tahun.

"Kalau untuk penerbangan internasional sudah dibuka, maka terminal ini harus bisa menampung sekitar 30 juta penumpang per tahun," katanya.

Daya tampung Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta sampai saat ini, masing-masing mencapai sembilan juta penumpang.

"Kalau dijumlahkan seluruhnya T1 dan T2 sebanyak 18 juta penumpang ditambah T2 sebanyak 25 juta, maka daya tampung keseluruhan terminal di Bandara Soekrno-Hatta ini mencapai 43 juta dengan 187 jadwal penerbangan per hari. Padahal kebutuhan riilnya 63 juta penumpang sehingga masih kekurangan daya tampung 20 juta lagi," kata Rhenald.

Terkait banjir yang melanda Terminal 3, Minggu (14/8), dia mengatakan akibat saluran air belum berfungsi secara maksimal.

"Saluran tersumbat, tapi 10 menit sudah teratasi," katanya menambahkan.

Sementara itu, Benny S Butarbutar selaku Vice President Corporate Communications PT Garuda Indonesia dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa banjir yang melanda Terminal 3 sama sekali tidak mengganggu aktivitas penerbangan maskapainya.

"Sama sekali tidak mengganggu karena banjir itu terjadi di luar terminal. Bahkan, tidak banyak penumpang yang tahu karena dalam waktu yang relatif cepat sudah surut," ujarnya.

Pewarta: M Irfan Ilmie
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016