Ambon (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah yang dipusatkan di Dusun Naira, Desa Aboru, Rabu.

Peringatan HUT Kemerdekaan Pulau Haruku dipimpin oleh Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, sedangkan bertindak sebagai komandan upacara yakni guru SMAN 3 Haruku Messy Latupeirissa.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada pukul 10.45 WIT ditandai dengan bunyi sirine.

Peserta upacara terdiri Taman Kanak-Kanak (TK), siswa SD, SMP dan pelajar SMAN 3 Haruku. Kemudian masyarakat, Pegawai Negeri Sipil, Pegawai BUMN, aparat TNI dan Polri.

Hadir dalam upacara peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI di Pulau Haruku, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, Ketua Gereja Kristen Injili (GKI) Maluku Prof John Ruhulessin, tokoh agama, tokoh masyarakat, para raja/kepala desa di Kecamatan pulau Haruku.

Kemudian hadir juga Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Dirut Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) Djakfarudin Junus, Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Ekonomi dan Pembangunan Roy Halatu, seluruh pejabat TNI dan Polri, staf pemerintahan Kabupaten Maluku Tengah serta Kecamatan Pulau Haruku.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI itu diwarnai aubade para murid SD dan pelajar SMP maupun SMA, dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Usai upacara bendera, Menteri BUMN Rini Soemarno memberikan bantuan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Bank Mandiri kepada masyarakat di Pulau Haruku untuk pembangunan sarana MCK dan air bersih di Desa Kailolo, Pelauw, Naira, dan Aboru.

Selain itu, bantuan juga diberikan secara simbolis kepada mantan atlet nasional di Maluku masing-masing sebanyak Rp100 juta dan bantuan bedah rumah veteran untuk 116 rumah di Maluku.

Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan peletakan batu pertama pembangunan MCK di kompleks persekolahan SMN 3 Haruku, di Dusun Naira, bersama pejabat lainnya.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Pulau Haruku juga dimeriahkan dengan memanjat dua batang pohon buatan yang dilumuri oli bekas dengan sejumlah hadiah menarik yang digantung pada kedua ujung pohon tersebut.

Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura Kolonel Arh M Hasyim Lalhakim merasa bangga kepada masyarakat di pulau Haruku khususnya di Negeri/Aboru, terutama para anak TK, SD, SMP dan SMA yang sangat antusias mengikuti upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke 71 tahun 2016.

"Kita sangat bersyukur dan memberikan apresiasi kepada masyarakat terutama anak-anak TK, SD, SMP dan SMA, karena dengan semangat yang tinggi mengikuti upacara bendera sampai selesai, kendati cuaca sedikit panas. Saya melihat anak-anak TK ada yang bertahan dalam barisan, walaupun di suruh masuk dalam tenda tetapi ada yang tidak mau," katanya.

Karena itu, katanya, dengan melihat antusias anak-anak seperti itu, mereka sangat membutuhkan perhatian untuk diarahkan demi kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang, apalagi mereka sebagai generasi penerus dan sejak kecil sudah menyadari mencintai bangsa.

"Kita berharap kegiatan peringatan HUT Kemrdekaan RI yang dilaksanakan setiap tahun terus dilakukan di daerah-daerah yang masih terisolasi, sehingga semangat nasionalisme masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak akan luntur, terutama anak-anak ditanamkan sejak dini melalui upacara bendera," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016