Jakarta (ANTARA News) - Melalui Windows 10 Anniversary Update, Microsoft menghadirkan sejumlah fitur baru diantaranya Windows Ink Workspace yang akan mampu meningkatkan produktivitas beragam profesi, termasuk pelaku industri kreatif.

"Industri kreatif adalah salah satu industri strategis yang terus berkembang dan memiliki peranan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," kata Consumer Channels Group Director Microsoft Indonesia, Linda Dwiyanti, dalam temu media di Jakarta, Jumat.

Linda menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi kreatif yang mencapai 5,76 persen pada 2014, hampir sama atau sedikit lebih tinggi dengan pertumbuhan nasional yang berada di kisaran 5,74 persen.

Dia berharap update Windows 10, terutama Windows Ink Workspace, dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri kreatif tanah air dengan membantu produktivitas para pemainnya.

Pembaruan Windows Ink Workspace termasuk Sticky Notes, Screen Sketch, dan Sketchpad. Fitur Sticky Notes kini langsung terintegrasi dengan Microsoft Edge.

Sementara fitur Screen Sketch memudahkan memudahkan pengguna untuk menulis atau mencorat-coret di atas Web yang tengah dikunjungi, sedangkan fitur Sketchpad memudahkan visual kreator seperti Faza Ibnu Ubaidillah (Faza Meonk) untuk berkreasi.

"Peran teknologi harus hadir di industri kreatif untuk mengefektivitaskan para kreator dalam berkarya, Kalau dulu mungkin saya gambar harus lewat kertas dulu, di-scan, dimasukkan ke komputer, lalu diedit, tapi dengan adanya teknologi benar-benar memudahkan saya," ujar dia.

"Sketch Pad ini sangat membantu saya untuk menggambar secara mobile, karena saya sebenarnya tidak hanya bekerja di studio, di rumah, tetapi juga mobile, lebih banyak meeting dan ketemu orang," tambah pencipta komik Si Juki itu.

Simak video Faza Meonk membuat sketsa Si Juki dengan fitur Sketchpad.

https://youtu.be/w50XCZKVGxk

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016