London (ANTARA News) - Seorang pastor Inggris yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak ditangkap di Bandara Luton, London, Minggu (21/8), lima tahun setelah dia menjadi pelarian.

Laurence Soper ditangkap pada Minggu setelah dia tiba kembali ke Inggris dari Kosovo menurut polisi dalam sebuah pernyataan.

Soper (72) ditahan di London dan didakwa melakukan sembilan pelecehan seksual selama periode 1972 sampai 1986.

Penangkapannya mengakhiri sengketa hukum panjang antara Inggris dan Kosovo, tempat Soper ditangkap pada Mei dengan surat perintah penangkapan Eropa yang dikeluarkan Inggris.

Kepolisian di Kosovo menyatakan saat itu dia dikenal sebagai "Bapa Laurence" dan menyebut nama lengkapnya Andrew Charles Kingston Soper.

Sebelumnya bulan ini sebuah pengadilan Kosovo untuk kedua kalinya menolak mengekstradisi pastor Katolik itu, memutuskan dia tidak bisa diekstradisi karena batas waktu penuntutan tindak pidana tersebut sudah terlewat.

Otoritas Kosovo tidak segera menanggapi kepulangan Soper ke Inggris dan penangkapannya.

Pastur itu sudah dalam pelarian sejak 2011. Dia dituduh melakukan kekerasan seksual terhadap lima anak ketika dia mengajar di sebuah sekolah Katolik swasta di London.

Menyusul laporan independen Inggris tentang 21 kejadian kekerasan seksual pendeta dari 1970an sampai 2010, sekolah London yang terlibat, St Benedict's, meminta maaf tahun 2011 dan menerima rekomendasi untuk secara fundamental mengubah cara penyelenggaraannya, demikian menurut warta kantor berita AFP. (mu)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016