Jakarta (ANTARA News) - Musisi jazz asal Belgia Jean-Baptiste Frederic Isidore Thielemans atau terkenal dengan nama Toots Thielemans, yang bermain gitar dan harmonika, meninggal dunia diusia 94 tahun.

Lahir di Brussels pada 1922, Thielemans menghabiskan awal kariernya sebagai musisi profesional yang berkeliling Eropa, bermain untuk orang-orang seperti musisi jazz Benny Goodman.

Musisi yang berkarier selama 65 tahun ini pindah ke Amerika Serikat pada 1952 dan bekerja bersama Charlie Parker, Miles Davis, Ella Fitzgerald dan Quincy Jones, serta Stevie Wonder dan Pat Metheny.

Dia juga banyak mengisi soundtrack film, termasuk "Midnight Cowboy" pada 1969 yang dibintangi Jon Voight dan Dustin Hoffman dan memenangkan tiga Academy Awards.

Karyanya saat bermain harmonika yang paling terkenal adalah saat membuat lagu tema untuk acara televisi anak-anak "Sesame Street" yang diperdengarkan setiap awal dan akhir episode. Thielemans, yang pensiun pada 2014, telah pulih dari patah tangan di sebuah rumah sakit di Brussels di mana ia meninggal pada Senin pagi.

Perdana Menteri Belgia Charles Michel mengatakan "Kami telah kehilangan musisi besar , kepribadian yang hangat," ungkapnya dilansir Reuters.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016