Dubai (ANTARA News) - Taman rekreasi dalam ruang terbesar di dunia akan dibuka di Dubai bulan ini untuk menarik wisatawan dan penduduk lokal yang kerap terbang ke luar negeri selama musim panas gurun yang terik.

Di daerah pinggiran berpasir di luar hutan beton dan kantung-kantung ruang terbuka hijau buatan Dubai, berdiri eksterior kotak taman rekreasi IMG Worlds of Adventure seluas 140.000 meter persegi yang berpendingin udara dan penuh dengan animasi dinosaurus, roller coaster, pahlawan-pahlawan super Marvel dan karakter-karakter Cartoon Network.

Sementara zombi-zombi muncul dari sudut-sudut gelap rumah berhantu dan Velociraptor membawa para penumpangnya ke simulasi hutan hujan berkabut yang dijuluki Lost Valley.

Sekarang keluarga-keluarga di Dubai, pusat wisata dan finansial yang sudah memiliki gedung tertinggi di dunia, punya beberapa tempat jalan-jalan di luar mal-mal mahal ketika suhu udara di luar mendekati 50 derajat Celsius.

Bahkan wahana lereng ski dalam ruangan, lengkap dengan penguinnya, belum cukup untuk mencegah eksodus warga yang meninggalkan jalan-jalan dan ruang publik senyap sepanjang bulan-bulan panas.

"Dubai masih menderita pada sebagian musim tertentu selama periode Juni, Juli, dan Agustus," kata Lennard Otto, pemimpin eksekutif atraksi baru senilai satu miliar dolar AS itu kepada kantor berita Reuters.

"Kami harap menarik wisatawan pada periode-periode itu sehingga Dubai menjadi tujuan wisata sepanjang tahun," kata dia tentang taman yang akan dibuka pada 31 Agustus itu.

"Sekarang ada celah dalam pasar ini dan kawasan. Orang-orang sebenarnya bepergian ke timur jauh dan barat jauh untuk menikmati taman-taman hiburan," kata Otto.

Uni Emirat Arab, yang mencakup Dubai, dan Arab Saudi tahun ini sudah meluncurkan inisiatif tahun ini untuk menyediakan lebih banyak hiburan bagi warganya yang kebanyakan terobsesi dengan mobil dan telepon pintar.

Sebagai bagian dari rencana diversifikasi ekonomi selain minyak, Arab Saudi Juni lalu mengumumkan sedang berdiskusi dengan Six Flags Entertainment Corp untuk membuat beberapa taman hiburan, dan Uni Emirat Arab membentuk "Kementerian Kebahagiaan" pada Februari untuk mengukur perbaikan kualitas hidup.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016