Semua itu, kalau tak ada halangan, akan rampung bukan Maret tahun depan. Ya kelak Anda tak usah lagi repot-repot membawa mobil. Cukup naik kereta api dari Manggarai atau jalan Sudirman."
Jakarta (ANTARA News) - Komisaris Utama PT Angkasa Pura II (AP II) Rhenald Kasali segera melakukan banyak pembangunan infrastrutkur di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta pada awal 2017 mendatang, antara lain tambahan runway ketiga dan ‘skytrain’ yang menghubungkan terminal 1, 2 dan 3.

Guru besar Ilmu Manajemen FEUI itu mengungkapkan bahwa kondisi Terminal 3 Ultimate saat ini baru mencapai 40 persen, sehingga masih banyak infrastruktur yang harus dibenahi atau dibangun, salah satunya adalah penambahan runway ketiga yang masih menunggu proses pembebasan lahan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Runway Desember ini, dijanjikan oleh BPN pada Desember ini akan diselesaikan semua pembebasan lahan. Itu menggunakan dana PMN sebesar Rp4 triliun," kata Rhenald Kasali melalui keterangan persnya, di Jakarta, Kamis.

Saat ini pihak AP II masih menunggu proses negosiasi yang dilakukan oleh BPN, mengingat jangka waktu untuk pembebasan lahan tinggal beberapa bulan lagi.

"Sejauh ini sudah tahap negosiasi. Tinggal dibayar sebentar lagi. Yang terkena sebelah utara runway kita. Saya kira jumlahnya tidak banyak, karena kan Desember tinggal 4 bulan lagi," ujarnya.

Setelah proses pembebasan lahan selesai sesuai target yakni pada bulan Desember, maka pihak AP II akan segera melangsungkan penambahan runway ketiga pada awal tahun 2017.

Selain itu pembangunan ‘skytrain’ juga akan dilangsungkan, dan ditargetkan Maret 2017 akan rampung dibangun. "Itu adalah pembangunan jalur peoplemover, semacam skytrain yang kelak akan menghubungkan T3, dengan terminal satu dan dua, serta stasiun kereta api," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa terminal 3 ultimate memiliki luas 2,4 kilometer. Maka diperlukan moda transportasi penunjang yang akan lebih memudahkan pengunjung untuk mencapai terminal yang dituju.

"Semua itu, kalau tak ada halangan, akan rampung bukan Maret tahun depan. Ya kelak Anda tak usah lagi repot-repot membawa mobil. Cukup naik kereta api dari Manggarai atau jalan Sudirman," katanya.

Selagi mengejar target pembangunan infrastuktur untuk tahun depan, Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi juga menegaskan bahwa saat ini AP II juga tengah membangun lima sodetan baru guna mengantisipasi banjir yang sempat menimpa Terminal 3 Ultimate pada Minggu 14 Agustus lalu.

"Rencananya akan dibangun lima pipa saluran pembuangan. Sekarang masih pembangunan pipa pertama," ungkap Agus.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016