Dengan dibangunnya `Denpasar Art Space` merupakan sebuah gagasan yang sangat strategis serta sebuah bentuk komitmen kota budaya menjadi satu ruang pertemuan lintas seni untuk membangun ide kreatif, disamping tempat ini sebagai atmosfer baru di tengah
Denpasar (ANTARA News) - Keberadaan "Denpasar Art Space" merupakan sebuah tempat edukasi, apresiasi, serta aktivitas seni budaya kreatif lahir dari seniman Denpasar, menjadi sebuah penyokong pesatnya pertumbuhan pariwisata yang juga diharapkan memberi imbas pada pertumbuhan ekonomi.

"Tempat ini sebagai salah satu kantong budaya baru yang diharapkan dapat melengkapi sejumlah destinasi pariwisata budaya yang ada di Kota Denpasar," kata Sekda Kota Denpasar Anak Agung Rai Iswara, saat berkunjung ke "Denpasar Art Space", Jumat.

Ia mengatakan dengan adanya tempat ini, maka geliat para seniman Kota Denpasar dapat digunakan untuk berkreativitas. Tempat tersebut dapat menambah eksistensi serta menambah kegairahan olah kreatif para seniman.

Secara pelan namun pasti, kata dia, dukungan seni dengan berbagai aktivitasnya akan selalu diupayakan dengan tujuan untuk mengisi ruang-ruang publik. Selain menyediakan ruang pameran, tempat ini juga bisa dimanfaatkan untuk pelatihan, workshop, diskusi, pemutaran film, pementasan seni pertunjukan, dan kegiatan kreatif lainnya.

Ke depannya tentu tidak bisa berjalan sendiri, melainkan perlu peran serta semua lapisan untuk memperkenalkan Denpasar sebagai Kota Pusaka, Kota Budaya, Kota Kreatif, yang membuat kota ini kian menarik dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara hingga ke pencinta seni dari seluruh penjuru dunia," ujar Rai Iswara didampingi Kadis Pariwisata Denpasar Wayan Gunawan.

Sementara Koordinator Pameran Seni Denpasar, Wayan Redika didampingi Kartunis, Janggo Pramarta mengaku kegiatan tersebut sejalan dengan visi Kota Denpasar yakni Denpasar kreatif berwawasan budaya dalam keseimbangan menuju keharmonisan.

Ia mengatakan kota kreatif berwawasan budaya merupakan sebuah landskip tumbuhnya beragam gagasan tentang cipta yang bertumpu pada kemuliaan kebudayaan yang mana sejatinya hal tersebut dapat dimaknai sebagai penawaran dan tantangan bagi insan yang gelisah dalam soal kekaryaan.

"Dengan dibangunnya Denpasar Art Space merupakan sebuah gagasan yang sangat strategis serta sebuah bentuk komitmen kota budaya menjadi satu ruang pertemuan lintas seni untuk membangun ide kreatif, disamping tempat ini sebagai atmosfer baru di tengah kota," ucapnya.

Dikatakan, keberadaanya akan menjadi jembatan yang mempertemukan hasil kekaryaan dengan para budayawan dan masyarakat seni yang kemudian akan menjadi nilai-nilai yang meneguhkan keseimbangan yang harmoni.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016