Spa-Francorchamps (ANTARA News) - Max Verstappen menjadi yang tercepat pada latihan hari pembukaan untuk Grand Prix Formula 1 Belgia, Jumat, mengungguli rekan setimnya Daniel Ricciardo ketika juara dunia Mercedes memilih untuk fokus pada persiapan balapan.

Verstappen mencatatkan tolok ukur waktu satu menit 48,085 detik, lebih cepat 0,256 detik dari Ricciardo pada hari yang panas dan cerah di Sirkuit Spa-Francorchamps.

Catatan itu lebih cepat daripada catatan waktu milik Nico Rosberg yang menjadi pebalap tercepat pada sesi Jumat, yang ia ukir sambil menguji perangkat keselamatan kokpit "halo" di Mercedesnya.

Pebalap Jerman itu hanya menjadi pebalap tercepat urutan keenam pada sore hari, upaya terbaiknya masih lebih lambat 1,076 detik daripada catatan waktu Verstappen.

Pemuncak klasemen kejuaraan Lewis Hamilton, yang menduduki urutan kedua tercepat pada pagi hari, mengakhiri hari dengan menghuni urutan ke-13 dan lebih lambat 1,697 detik.

Pebalap Britania itu unggul 19 angka atas Rosberg di klasemen dan menuju balapan Minggu dengan tekad untuk menjadi pebalap ketiga yang mengukir 50 kemenangan.

Namun ia siap untuk mulai membalap di dekat belakang grid setelah Mercedes memasang dua power unit yang masih segar untuk mobilnya menjelang sesi Sabtu.

Seperti Rosberg, ia menghabiskan sore hari dengan fokus pada simulasi-simulasi balapan panjang di mana kedua mobil Mercedes mencatatkan waktu putaran yang lebih lambat daripada rekor terbaik mereka pada pagi hari.

Nico Hulkenberg mengakhiri hari pembukaan dengan meyakinkan untuk Force India, mencatatkan waktu tercepat urutan ketiga dengan mengungguli pebalap Ferrari Sebastian Vettel. Rekan setimnya Srgio Perez, yang menghuni urutan keempat pada pagi hari, mengakhiri hari dengan menduduki urutan kelima.

Fernando Alonso hanya menduduki urutan tercepat ke-12.

Pebalap Spanyol itu hanya mencatatkan tiga putaran pada pagi hari dan tidak mampu untuk mencatatkan waktu setelah mesin Honda yang dipasang pada mobil McLarennya mengalami kebocoran air.

Seperti Hamilton, ia akan start di dekat belakang grid, setelah tim yang bermarkas di Woking itu memilih untuk memasng power unit yang masih segar di mobilnya.

Pebalap belia asal Prancis Esteban Ocon, yang mencatatkan debut Grand Prixnya pada akhir pekan ini dengan dukungan Manor mengakhiri hari dengan menduduki urutan ke-21.

Ia lebih cepat daripada rekan setimnya Pascal Wehrlein pada sesi pagi, namun pebalap Jerman itu, yang telah bersama Manor sejak awal musim, mendapatkan kembali inisiatif pada sore hari.

Sejumlah pebalap menguji sistem perlindungan kokpit "halo" pada sesi pembukaan. Tim-tim mencobanya menjelang perkenalan yang tertunda dari sejumlah bentuk perlindungan kokpit untuk musim 2018, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016