... Pagi hari pembantu bertanya kepada Jessica, 'Non ini celana kok sobek?'...
Jakarta (ANTARA News) - Otto Hasibuan, ketua tim kuasa hukum Jessica Wongso, terdakwa kematian Wayan Mirna Salihin, mempertanyakan alasan jaksa penuntut yang belum juga menghadirkan pembantu rumah tangga Jessica sebagai saksi.

"Anda harus bertanya kepada jaksa kenapa tidak dihadirkan pembantu itu. Harus jelas semuanya," kata Hasibuan, usai persidangan ke-16 di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu.

Dia menjelaskan berdasarkan berita acara pemeriksaan, pembantu itu sempat bertanya kepada Jessica kenapa celana itu sobek, "Pagi hari pembantu bertanya kepada Jessica, 'Non ini celana kok sobek?'

Jessica kemudian menjawab, menurut Hasibuan, "Saya juga tak tahu kenapa bisa sobek. Buang saja, gak bisa di-pake lagi."

"Enggak ada artinya Jessica menyuruh membuang dengan sengaja. Jika dia sengaja menyembunyikan, enggak mungkin celana itu ada di pembantu," kata Otto.

Hingga persidangan ke-16 hari ini, jaksa memang belum menampilkan pembantu Jessica melainkan terus menghadirkan saksi ahli.

"Saksi banyak, ahli juga banyak tapi waktu kami terbatas sehingga kami harus memilih yang harus didahulukan mana yang urgensi dalam waktu singkat," kata Ardito Muwardi, salah satu jaksa penuntut dalam persidangan ini.

"Yang belum akan kita maksimalkan, tapi kami punya prioritas yang mendukung pembuktian. Yang lain membantu mendukung saja, bukan inti pembuktian," lanjut Muwardi.

Persidangan pada Kamis besok (1/9) merupakan kesempatan terakhir bagi jaksa penuntut untuk menghadirkan saksi yang memberatkan Jessica.

"Tinggal besok, makanya waktu juga tak banyak. Kita tetap harus bekerja keras, mana-mana yang bisa, mana yang enggak," katanya.

Menurut rencana jaksa akan menghadirkan saksi ahli kriminologi Ronny Nitibaskara dan ahli psikologi Sarlito Wirawan dari Universitas Indonesia dalam sidang nanti itu. 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016