Jakarta (ANTARA News) - Klub peserta kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) akan memanfaatkan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat, 17-29 September untuk mencari pemain guna memperkuat tim menghadapi kompetisi putaran dua.

Rencana klub untuk mencari tambahan pemain ini dibenarkan oleh Direktur Utama PT Gelora Trisula Semesta (GTS) Joko Driyono selaku operator kompetisi. Menurut dia, dengan adanya rencana tersebut membuat batas akhir pendaftaran pemain tahap kedua diundur.

"Seharusnya pendaftaran pemain ditutup pertengahan bulan. Namun, karena ada masukan dari klub maka kami buka hingga akhir bulan dengan catatan ini khusus untuk pemain lokal," kata Joko Driyono di sela evaluasi paruh musim kompetisi ISC 2016 di Jakarta, Rabu.

Pertandingan sepak bola pada PON 2016 akan dimulai lebih awal atau sebelum pembukaan kejuaraan empat tahunan ini. Ada 12 tim yang terbagi dalam tiga grup akan bersaing untuk merebutkan medali emas. Pemain yang turun pada kejuaraan ini adalah pemain muda sehingga berpeluang besar diincar klub peserta kompetisi.

Grup A yang akan bertanding di Stadion Pakansari adalah tim Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Bali. Grup B di Stadion Wibawa Mukti terdiri dari tim Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Sedangkan Grup C di Stadion Patriot adalah tim Kalimantan Timur, Papua, Bangka Belitung, dan Gorontalo.

"Pertandingan babak penyisihan digelar di tiga tempat. Untuk babak yang lebih tinggi, pertandingannya digelar di Stadion Jalak Harupat," kata Joko Driyono menambahkan.

Pria asal Ngawi, Jawa Timur, itu menjelaskan, pada PON 2016 pihaknya juga mempersilakan pemain muda yang saat ini turun di kompetisi ISC 2016 memperkuat daerahnya. Penggunaan pemain klub ini dipastikan tidak mengganggu jalannya kompetisi.

"Saat penyisihan PON, kompetisi tetap jalan. Baru tanggal 20 September kompetisi diliburkan. Kami pastikan kompetisi berjalan sesuai dengan rencana," kata pria yang akrab dipanggil Jokdri itu.

Kompetisi ISC baru saja menyelesaikan putaran pertama dan Madura United tampil sebagai juara paruh musim dengan mengumpulkan 37 poin dari 17 pertandingan. Saat ini semua klub berlomba-lomba untuk melakukan perubahan termasuk perekrutan pemain.

Selain saling bajak pemain, klub peserta ISC juga banyak yang melakukan seleksi pemain asing, seperti yang dilakukan klub Persija Jakarta. Klub yang berjuluk Macan Kemayoran ini bahkan merekrut pelatih baru, yaitu Muhammad Al Haddad, untuk menggantikan Paulo Camargo.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016