Angka pengangguran Spanyol melonjak pada Agustus

Madrid (ANTARA News) - Jumlah orang yang terdaftar sebagai pengangguran di Spanyol melonjak sebanyak 14.435 menjadi 3,69 juta pada Agustus dibandingkan bulan sebelumnya, kata Kementerian Tenaga Kerja pada Jumat.

Kenaikan tersebut merupakan yang pertama sejak Februari, demikian seperti dilansir AFP.

Namun, jumlah pengangguran tahun ini jika dibandingkan dengan Agustus tahun lalu, turun 370.459 orang, kata Kementerian dalam sebuah pernyataan, yang menyebutnya sebagai "angka terbaik untuk Agustus sejak 2009."

Ekonomi Spanyol sangat bergantung pada pariwisata dan Agustus biasanya merupakan bulan terlemah untuk pasar tenaga kerja karena perekrutan oleh hotel dan restoran menurun pada musim panas, pabrik melambat dan kontrak mengajar berakhir.

Kenaikan jumlah pengangguran terjadi di semua sektor pada Agustus meskipun lonjakan itu lebih jelas terlihat di sektor jasa dan industri.

Lonjakan jumlah pengangguran terjadi saat para politikus kesulitan membentuk pemerintahan baru setelah dua pemilu yang kurang meyakinkan pada Desember dan Juni.

Tingkat pengangguran Spanyol, yang dihitung secara terpisah oleh badan statistik nasional INE, masih menjadi yang tertinggi di zona eropa setelah Yunani. Angka tersebut mencapai 20 persen pada kuartal kedua 2016.(mr)

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Kapal Elcano tiba di Chile dan rayakan 100 tahun penemuan Eropa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar