Situasi ini mungkin menyebar ke bagian lain di negara bagian ini."
New Jersey (ANTARA News) - New Jersey dinyatakan dalam keadaan darurat di tiga wilayahnya untuk menyiapkan diri sebelum cuaca ekstrem akibat Topan Tropis Hermine, demikian pernyataan Gubernur New Jersey Chris Christie, Sabtu (3/9) waktu setempat.

Pengumuman itu berlaku untuk Ocean County, Atlantic County dan Cape May County akibat kondisi cuaca ekstrem yang diperkirakan memasuki daratan pada Sabtu malam, dan menerjang sepanjang akhir pekan Hari Buruh, ujarnya di jejaring resmi negara bagian Amerika Serikat (AS) itu.

Topan itu diperkirakan menjadi ancaman terbesar bagi kesehatan, keselamatan dan sumber daya warga di ketiga wilayah tersebut, demikian laporan Xinhua.

"Kondisi ini mungkin menjadi terlalu luas untuk ditangani oleh layanan normal kota praja dan wilayahnya. Situasi ini mungkin menyebar ke bagian lain di negara bagian ini," kata Christie.

Pengumuman gubernur tersebut berarti orang mesti menjauhi jalanan sehingga mereka tidak campur-tangan dalam tugas penegak hukum dan petugas reaksi darurat.

Gubernur Christie dapat memberlakukan ketentuan lain berupa larangan melakukan perjalanan jika kondisi jalan diperkirakan menjadi sangat berbahaya.

Topan Hermine, yang sebelumnya diumumkan sebagai Badai Hermine, memperoleh kembali kekuatannya pada Sabtu, saat fenomen alam itu bergerak secara perlahan ke Eastern Seaboard dan menyebar kekacauan pada akhir pekan.

Hermine sudah merenggut dua nyawa, menyebabkan kerusakan harga dan membuat ribuan orang tak memperoleh pasokan listrik dari Florida sampai Virginia. Topan tersebut mengirim tornado ke North Carolina dan beberapa pantai di dekatnya ke arah utara sampai New York.

"Ini adalah akhir pekan pantai buat setiap orang di Mid-Atlantik sampai ke arah timur-laut," kata Eric Blake, ahli badai di National Hurricane Center di Miami.

Badai Hermine terbentuk di Teluk Meksiko dan menerjang Florida pada Jumat sebagai Badai Kategori 1 sebelum melemah jadi topan tropis saat menuju Georgia.

Sampai pukul 17.00 pada Sabtu, angin yang dibawa Topan Hermine mencapai kecepatan 70 mil (110 kilometer) per jam saat topan itu bergerak ke atah timur-timur-laut dengan kecepatan topan 12 mil per jam (19 kilometer) per jam. Pusat topan tersebut berada 175 mil di sebelah tenggara Ocean City, Maryland.

Petugas ramalan cuaca memperkirakan Hermine memperoleh kembali kekuatan badainya pada Minggu, saat fenomena alam itu bergerak menuju pantai sebelum melemah lagi jadi topan tropis pada Selasa.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016