Solo (ANTARA News) - Timnas senior Indonesia melakukan latihan perdana untuk persiapan menghadapi pertandingan persahabatan melawan Malaysia yang akan diadakan di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Selasa (6/9) malam.

"Kami melakukan latihan perdana di Solo untuk persiapan menghadapi Timnas Malaysia," kata Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl usai memimpin latihan di Stadion Manahan Solo, Minggu malam.

Timnas Indonesia mengenakan kaos tim warna hijau mulai latihan di lapangan sekitar pukul 19.00 WIB. Andik Vermansyah dan kawan-kawan hanya berlatih teknik sekitar 30 menit saja, dan mereka kemudian melakukan perengangan untuk mengakhiri latihan.

"Kami latihan ringan taktik waktunya minim hanya sekitar 30 menit untuk recovery pemain yang bermain di liga," kata Riedl. Menurut dia, Timnas akan melakukan latihan ringan lagi pada Senin (5/9), dan mereka tidak ada latihan keras karena pertandingan sudah dekat dan tinggal waktu dua hari saja.

"Pemain ini, banyak kondisinya kelelahan karena mereka usai bermain dari Liga. Mereka butuh stamina fresh untuk menghadapi Malaysia," katanya.

Menyinggung soal tidak terlihatnya kiper Kurnia Meiga, Riedl menjelaskan, penjaga gawang asal Arema sedang mengalami cedera sehingga diganti dengan Teguh Amirudin (PS TNI).

"Kami panggil kiper Teguh Amirudin dari PS TNI untuk menggantikan Kurnia Meiga yang sedang cedera. Teguh ini mempunyai potensi menjadi kiper Timnas masa depan," katanya.

Menyinggung tentang kekuatan Malaysia, Alfred riedl menjelaskan, hanya belajar dari melihat permainan mereka melalui film dan video, serta ada masukan sedikit dari Andik Vermansyah yang bermain di liga Malaysia.

Selain itu, kata dia, Timnas tersebut sebanyak 22 pemain persiapan waktunya sangat singkat, dan hampir satu setengah tahun tidak ada kegiatan Timnas. Namun, Andik dan kawan-kawan kita lihat permainan mereka saat menghadapi Malaysia.

"Lapangan Stadion Manahan Solo bagus untuk pertandingan internasional," katanya. 

Pewarta: Bambang DM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016