"Catatan Dodol Calon Dokter" bikin Tika Bravani pusing tujuh keliling

"Catatan Dodol Calon Dokter" bikin Tika Bravani pusing tujuh keliling

Para pemeran film "Catatan Dodol Calon Dokter" dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/9/2016). (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Jakarta (ANTARA News) - Berakting sebagai calon dokter yang sedang menjalani ko-asistensi alias ko-ass membuat Tika Bravani pusing tujuh keliling karena harus menghafalkan banyak istilah medis yang rumit.

"Ada banyak istilah yang susah gue sebut, sekarang malah sudah lupa," kata Tika dalam konferensi pers film "Catatan Dodol Calon Dokter" di Jakarta, Rabu.

Tika berperan sebagai Evie Sungkar dalam film yang diadaptasi dari novel karya Ferdiriva Hamzah, seorang dokter yang mengabadikan pengalaman kocaknya saat ko-ass dalam buku.

Untuk mendalami karakter, Tika tak hanya digembleng soal akting, tetapi banyak hal tentang kedokteran. Ia belajar cara memasang infus, cara dokter mamakai masker hingga tindakan pertolongan pertama resusitasi jantung paru-paru (CPR).

"Jadi tahu, oh kenapa dokter begini, kenapa dokter begitu," katanya. 

Tantangan selanjutnya datang ketika ia harus menggabungkan workshop akting dan kedokteran begitu pengambilan gambar dimulai. 

Peraih Piala Citra 2014 sebagai pemeran pendukung wanita terbaik ini mengacungkan dua jempol untuk tim produksi "Catatan Dodol Calon Dokter" yang dinilainya total dalam mewujudkan sebuah film medis.

Ia pun harus mempraktikkan apa yang dipelajarinya selama ini seperti layaknya seorang profesional di film tersebut.

Ferdiriva, penulis asli novel yang seorang dokter, selalu memastikan agar tindakan medis yang ditampilkan dalam film memang sesuai dengan yang seharusnya.

"Riva sering WhatsApp untuk wanti-wanti, 'adegan ini harus begini, adegan ini harus begitu', jadi tidak boleh salah," kata Tika.

"Catatan Dodol Calon Dokter" mengisahkan perjuangan dokter muda yang baru lulus kedokteran bernama Ferdiriva (Adipati Dolken) yang menjalani ko-asistensi (ko-ass) untuk menjadi dokter. Perjalanan menjadi dokter membuahkan pengalaman seru, mulai dari hal romantis, lucu, hingga menegangkan. 

Film yang dibintangi juga oleh Aurelie Moeremans, Adi Kurdi, Ali Mensan, Rizky Mocil, Albert Halim, Cindy Valery, Rizka Dwi Septiana dan Amec Rais akan tayang pada 27 Oktober. 

"Catatan Dodol Calon Dokter" juga terpilih sebagai salah satu film yang ditayangkan di Festival Film Internasional Tokyo (TIFF) 2016.


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar