Vientienne (ANTARA News) - Thailand, Rabu, mendukung upaya China menjaga perdamaian di tengah sengketa kawasan atas Laut China Selatan.

Pernyataan Thailand itu, yang memiliki sejarah netral dalam hal Laut China Selatan, dibuat beberapa jam setelah Filipina menyiarkan foto --yang menurut mereka-- kapal China di dekat beting sengketa di perairan itu.

"Mengutamakan perdamaian dan stabilitas di lautan adalah penting bagi semua pihak dan Thailand mendukung upaya China dalam hal ini. Pembicaraan yang dilakukan harus mengurangi rasa ketidakpercayaan," kata juru bicara pemerintah Thailand, Mayor Jendral Weerachon, Sukondhapatipak kepada Reuters di sela-sela KTT ASEAN 2016.

Saat ditanya apakah Thailand memihak China, ia mengatakan, Thailand ingin melihat perdamaian terjaga demi kepentingan semua pihak, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

China, Taiwan, Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei mengklaim sebagain atau seluruh wilayah Laut China Selatan, yang kaya sumber alam.

Mahkamah Arbitrase Internasional dalam perkara ajuan Filipina memutuskan pada Juli bahwa pembangunan sejumlah pulau buatan oleh China tidak sah dan klaim negara tersebut atas sebagain besar wilayah Laut China Selatan tidak memiliki landasan hukum.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016