Bogor (ANTARA News) - Empat atlet legenda Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dijadwalkan menjadi penyambut dan pembawa kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 yang akan melintasi wilayah Bogor, Selasa (13/9) mendatang.

"Obor api PON akan disambut oleh empat atlet legenda Kabupaten Bogor, mereka adalah Ruri Raung, Joko Suyono, Erwin Maspaitela, dan Didin Rusdiono," kata Sekretaris Panitia Sub PB PON XIX dan Perpanas XV Jabar, Kabupaten Bogor, Yusuf Sadeli, di Cibinong, Minggu.

Ia mengatakan, keempat atlet tersebut merupakan legenda yang dimiliki Kabupaten Bogor, karena berhasil menoreh prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Ruri Raung merupakan mantan atlet tenis meja, kini bekerja di PDAM Tirta Kahuripan, Joko Suyono adalah mantan atlet tinju pernah bertanding di Sea Games Singapura tahun 2012, yang kini bekerja di Dinas Bina Marga. Erwin Maspaitela atlet pelari cepat, dan Didin Rusdiana mantan atlet nasional dayung Asean Games tahun 2008.

"Mereka merupakan legenda atlet bagi Kabupaten Bogor, karena telah mampu meraih prestasi untuk bangsa, tidak hanya lokal, tapi juga nasional, hingga internasional, rata-rata mereka sudah bertanding di Asean Games," katanya.

Terkait kirab Api PON XIX dijadwalkan sebelum memasuki Bumi Tegar Beriman, obor PON terlebih dahulu singgah di Kota Depok. Dari Depok, obor akan dibawa menggunakan kendaraan menuju menuju Kabupaten Bogor, disambut oleh empat atlet legendaris di lampu merah pertigaan Jl Tega Beriman persisnya depan Cibinong City Mall (CCM).

Dari CCM, obor Api PON akan disambut oleh pasukan inti berjumlah 10 orang, dan empat atlet legenda. Obor dibawa dengan berlari sejauh 2,5 kilo meter menuju Lapangan Tegar Beriman, Komplek Pemda Kabupaten Bogor untuk diserahkan kepada Bupati Bogor Nurhayanti.

"Setelah diterima oleh Bupati, obor kembali dibawa oleh atlet menuju Kelurahan Tengah dengan berlari sejauh kurang lebih 2,5 meter untuk pelepasan menuju Kota Bogor," katanya.

Yusuf menambahkan, Pemkab Bogor telah mempersiapkan penyambutan kirab Api PON XIX semeriah mungkin, sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang menginginkan semarak pembukaan dan penutupan PON sekelas olimpiade Beijing dan Rusia.

"Walaupun hanya singgah, penyambutan kirab Api PON akan dilakukan semeriah mungkin," katanya.

Pelepasan Api PON XIX Jawa Barat dimulai dari Kabupaten Indramayu, 5 September lalu. Kirap Api PON yang mencapai 1005,6 KM bisa masuk rekor Muri sebagaimana yang diharapkan oleh Gubernur Jabar.

Kirab Api PON akan menyinggahi semua kabupaten/kota yang berada di Jawa Barat dan berjarak 1005,6 KM dari titik pemberangkatan sampai tujuan.

Sementara itu, Kabupaten Bogor akan menjadi tuan rumah tiga cabang olahraga yang dipertandingan dalam PON XIX Jabar yakni sepak bola, atletik dan drumband.

Untuk cabang atletik akan diikuti 34 provinsi dengan jumlah atlet sebanyak 354 atlet. Drumband diikuti delapan provinsi dengan atlet berjumlah 136 orang. Dan sepak bola diikuti empat provinsi dengan jumlah 176 atlet.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016